CiriCara: Cara Mengetahui Bayi Sakit Melalui Tangisannya

by
October 24th, 2012 at 3:20 pm

CiriCara.com – Menangis merupakan cara yang dilakukan bayi untuk menyampaikan maksud dan keinginannya. Tangisan yang lembut dan pelan bisa jadi ia sedang meminta sesuatu dan mengatakan, “Mama aku ingin sesuatu,” sedangkan tangisan yang lebih keras merupakan cara mereka mengatakan, “Aku mau minum susu sekarang juga.”

Saat si bayi menangis, terkadang ia juga menggerakan anggota badannya, seperti mengerutkan dahi, mengepal tangan, dan lain sebagainya. Ekspresi non verbal yang dilakukan si bayi tersebut sebenarnya menunjukkan makna. Bisa saja ia sedang merasa tidak nyaman atau merasa kesakitan. Untuk mengetahui makna tangisan bayi tersebut, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Mengerutkan keningnya

Pada saat bayi menangis dan ia mengerutkan dahinya sehingga muncul garis-garis kerut vertikal di keningnya atau seputar matanya, hal tersebut mengartikan bahwa ia sedang merasa kesakitan. Bila ia merasa kesakitan yang sangat parah, maka kerutan di dahinya nampak lebih dalam dan kulitnya terlihat berwarna keabu-abuan.

2. Mata tertutup sebagian

Bila si bayi kesakitan atau sedang merasa sakit, maka matanya akan tertutup sebagian saja. Bila sakit yang dirasakannya luar biasa, maka matanya akan tertutup rapat.

3. Ada kerutan yang tajam di sekitar mulut

Garis kerutan yang tajam di sekitar mulut, dibarengi dengan bibir yang terkatup rapat menandakan bahwa si bayi sedang merasakan sakit. Mulutnya akan terbuka secara tidak wajar jika ia merasakan sakit yang luar biasa.

4. Tangan dan kakinya nampak kaku

Saat merasa tidak nyaman, si bayi akan mengendurkan anggota badannya kemudian mengencangkannya. Bila terasa lebih menyakitkan, lengan dan kakinya akan nampak kaku. Selain itu, ia juga akan menarik kedua lututnya ke arah tubuh.

5. Mengepal erat-erat tangannya

Tangan bayi akan menutup atau mengepal dengan kuat bila ia merasa tidak nyaman. Jari jemarinya akan terbuka lebar-lebar dengan kaku jika ia merasakan sakit yang sangat parah. Biasanya, si bayi akan mengepal dengan jempol di dalam jika masih merasakan kesakitan.

6. Menekuk jari-jari kakinya

Bayi akan menekuk jari-jari kakinya dengan kencang bila ia sedikit merasakan sakit. Bila sakitnya lebih parah, maka kakinya akan kaku dan mengarah ke bawah dan jempolnya pun akan tertarik keluar menjauh dari jari lainnya.

Itulah cara mengetahui makna tangisan bayi. Bagaimanapun juga, Anda seorang ibu harus mengetahui hal ini agar bisa mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh si bayi. (NR)

Comment di sini