Harga iPad Mini Tak Jadi Ancaman Bagi Tablet Android

by
October 24th, 2012 at 2:46 pm

CiriCara.com – Apple telah resmi merilis iPad Mini dengan layar 7,9 inci kemarin, Selasa, 23 Oktober 2012. Namun di tengah-tengah gempuran tablet Android, mampukah iPad Mini bertahan?

Faktor yang menentukan kekalahan Apple terdapat di masalah harga. Keberadaan tablet Android seperti Nexus 7, Galaxy Tab 2, dan sejenisnya tentu menjadi satu beban bagi Apple karena umumnya tablet Android dijual dengan harga lebih terjangkau dibanding iPad Mini.

Dengan harga sebesar USD 329, iPad Mini masih terbilang mahal jika dibanding dengan harga sebuah tablet Nexus dengan kisaran harga USD 100.

Namun bagi kalangan akedemisi, iPad Mini mungkin masih merupakan sebuah primadona. Sektor ini jugalah yang diburu iPad sejak beberapa tahun lalu.

Kompetisi yang dihadapi iPad Mini tidak hanya berasal dari kompetitor luar seperti Android namun juga dari dalam produk Apple sendiri. Beberapa minggu lalu ketika peluncuran iPod Touch, produk tersebut dibanderol dengan harga USD 299 yang tentu menjadi ancaman bagi iPad Mini karena keduanya memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

iPad Mini dianggap ‘ketinggalan zaman’ karena masih merupakan tablet yang berfokus pada hardware. Tablet kompetitor dengan platform Android seperti Kindle Fire HD dari Amazon dan Nook HD dari Barnes & Noble dibuat agar para pengguna bisa memakai tablet mereka untuk hal-hal yang menyenangkan seperti membaca buku dan bermain game serta tidak hanya berfokus hanya pada urusan hardware saja.

Kehadiran iPad Mini dengan harga yang lebih murah dari iPad reguler tidak akan mengancam pangsa pasar tablet Android karena tablet dengan sistem operasi Android lebih terjangkau dan beragam. Salah satu kesuksesan tablet untuk e-reader telah dibuktikan oleh Kindle Fire HD dari Amazon yang terjual hingga jutaan unit.

Walau begitu kehadiran iPad Mini bagi para Apple fanboys dan fangirls tentunya merupakan sebuah keistimewaan tersendiri terlepas dari mahalnya harga yang ditawarkan. (RN)

cNet

Comment di sini