Jamaah Naqsabandiyah Sudah Rayakan Idul Adha

by
October 24th, 2012 at 9:52 am

Padang (CiriCara.com) – Pemerintah melalui Menteri Agama sudah mengumumkan bahwa Idul Adha jatuh pada Jumat, 26 Oktober 2012 mendatang. Baik Nahdlatul Ulama (NU) ataupun Muhammadiyah juga sudah sepakat dengan hal itu.

Meskipun demikian, sejumlah jamaah Naqsabandiyah di Surau Baitul Makmur, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan, Pauh kota Padang punya penilaian yang berbeda. Mereka memilih untuk merayakan Idul Adha 1433 H pada hari Rabu (24/10/2012) ini.

“Shalat ID akan dilaksanakan hari ini, Rabu (24/10/2012) pagi mulai pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban,” ujar Zalar, salah seorang jamaah Tarekat Naqsabandiyah, seperti dikutip Tribunnews.com.

Menurut Zalar, Naqsabandiyah menentukan Idul Adha tahun 2012 dengan cara hisab Munjid yakni, menghitung 360 hari dari Idul Adha 2011. Cara ini juga digunakan mereka untuk menentukan hari Idul Fitri pada beberapa bulan yang lalu.

“Cara ini sudah dilakukan turun-temurun dan kami tidak mempersoalkan jika setiap tahun perayaan Idul Fitri dan Idul Adha berbeda dengan ketetapan pemerintah apalagi ini keyakinan kami,” ujar Zalar.

Jamaah lainnya, Edizon menjelaskan, Naqsabandiyah menggunakan cara hisab yang didasarkan pada Alquran dan Hadis. Menurutnya, perbedaan dengan pemerintah tidak akan menjadi masalah dan tidak perlu diributkan.

“Jika ada perbedaan dengan keputusan pemerintah, bukan menjadi persoalan,” tambah Edizon.

Hampir setiap tahun, ribuan jamaah Naqsabandiyah merayakan Idul Fitri dan Idul Adha lebih awal dua hari dari keputusan yang sudah ditetapkan pemerintah. Mereka percaya, perhitungan yang telah mereka lakukan adalah benar dan sesuai dengan Alquran dan Hadis.

Di Sumatera Barat terdapat lebih dari lima ribuan warga penganut Tarekat Naqsabandiyah. Mereka tersebar di Kota Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok. Jamaah terbanyak ada di Kota Padang.

“Untuk di Kota Padang saja terdapat sekitar tiga ribuan jamaah,” tutur Edizon.

(YG)

Comment di sini