Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Pria Mandul

by
October 24th, 2012 at 10:24 am

CiriCara.com – Sebagian besar gangguan kesuburan pria disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang salah. Dilansir Health.Detik.com, para ahli mengungkapkan bahwa infertilitas sepertiganya disebabkan oleh wanita, sepertiganya disebabkan oleh pria, dan sepertiganya lagi bisa disebabkan oleh keduanya.

Salah satu faktor yang menyebabkan ketidaksuburan pria yaitu gangguan genetik. Sebuah mutasi genetik bisa menghilangkan lapisan karbohidrat di sekitar sperma sehingga mengurangi mobilitasnya. Jika pria mewarisi dua mutasi genetik dari ibu dan ayahnya, maka kondisi ini akan membuatnya sulit menghamili pasangannya. Selain itu, gaya hidup yang salah juga bisa menyebabkan kesuburan pria menurun.

Dilansir Republika.co.id, Nur Rasyid, ahli urologi mengatakan bahwa gaya hidup tidak sehat dapat mempengaruhi kualitas spermatozoa. Jika Anda sering melakukan gaya hidup yang membuat testis lebih panas dari suhu tubuh, maka akan membuat produksi spermatozoa menurun. Misalnya, berendam di air panas, memangku laptop saat bekerja, sauna, dan memakai celana dalam ketat.

Selain kebiasaan tersebut, masih ada kebiasaan gaya hidup lain yang bisa membuat pria mandul. Inilah gaya hidup yang bisa membuat pria mandul:

1. Terlalu banyak makan

Pria yang terlalu banyak makan juga akan mengakibatkan obesitas. Memiliki kelebihan berat badan akan membuat tubuh menjadi tidak sehat sehingga mempengaruhi fungsi dari setiap sel yang ada di dalam tubuh, termasuk sperma.

2. Terlalu banyak duduk

Beberapa pekerjaan kantor yang terlalu banyak duduk juga bisa membuat suhu di skrotum meningkat. Selain terlalu banyak duduk, beberapa pekerjaan juga bisa mempengaruhi jumlah sperma berkurang, seperti pelukis, tukang las, dan supir.

3. Meminum minuman beralkohol

Pria yang menjadi pecandu minuman beralkohol akan memiliki sel-sel normal yang 30 persen lebih sedikit di dalam air maninya.

4. Merokok

Kebiasaan merokok terbukti sangat merugikan kesehatan, khusunya bagi sistem reproduksi pria. Sebuah penelitian di Iran menunjukkan bahwa banyak pria mandul atau kurang subur karena setelah bangun tidur langsung merokok. Selain itu, kualitas sperma para perokok juga jauh lebih rendah dibandingkan pria yang tidak merokok.

5. Kurang mengonsumsi makanan sehat

Agar memiliki sperma yang sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan vitamin C dan E, zink, dan betakaroten yang cukup. Jika Anda tidak mengasup makanan sehat setiap harinya, maka bisa menurunkan produksi sperma.

6. Menggunakan ganja atau narkoba

Pria yang menggunakan narkoba atau ganja dalam jangka panjang berakibat menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola gerak sperma. Sperma akan berenang terlalu awal dan terlalu cepat sehingga mati sebelum sampai ke sel telur pasangannya.

7. Sering memangku laptop

Jika Anda sering menggunakan laptop, maka letakkanlah di meja atau menggunakan pelapis. Sering memangku laptop bisa meningkatkan suhu di skortum yang mempengaruhi kualitas dari sperma.

Itulah 7 kebiasaan yang bisa membuat pria mandul. Jauhi kebiasaan buruk tersebut agar bisa memperoleh keturunan setelah menikah. (NR)

Comment di sini