Andi Mallarangeng Keluar, Foke Jadi Menteri?

by
October 25th, 2012 at 2:18 pm

Ist

Jakarta (CiriCara.com) – Fauzi Bowo atau Foke dikabarkan akan segera duduk di kursi pemerintahan sebagai menteri selepas gagal menjadi gubernur DKI Jakarta untuk periode 2012-2017.

Kabar ini datang dari seseorang yang memberitahu Inilah.com bahwa akan ada reshuffle kabinet di mana Andi Mallarangeng bakal didepak keluar dan digantikan oleh Foke sebagai Menpora.

Menurut sumber yang katanya berasal dari kalangan petinggi partai koalisi tersebut, reshuffle dilakukan namun komposisi koalisi tidak berubah. Isu reshuffle kabinet menyeruak setelah adanya kabar intervensi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di Badan Pemeriksa Keuangan yang menyingkirkan nama Andi Mallarangeng.

Andi sendiri disebut-sebut terlibat kasus penyelewengan dana Hambalang.

Sumber itu mengatakan sebenarnya Foke diproyeksikan untuk menjadi suksesor Gamawan Fauzi, namun urung dilakukan karena beberapa faktor. Wacana diangkatnya Foke menjadi menteri disebutkan menjadi alasan kenapa Foke langsung menerima kekalahan atas Jokowi di pemilu kepala daerah DKI Jakarta 2012.

Kini Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) sedang diminta untuk mengevaluasi menteri-menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Tetapi belum dapat dipastikan apakah akan ada perombakan kabinet setelah ada evaluasi.

Sementara itu, Julian Aldrin Pasha selaku juru bicara kepresidenan mengatakan evaluasi para menteri oleh UKP4 tidak berkaitan dengan masalah kasus korupsi yang diduga melibatkan menteri di bawah Presiden SBY.

Foke saat ini tengah berada di Berlin, Jerman dalam rangka menghadiri Pertemuan Asia Eropa (ASEM) kedua untuk Gubernur dan Walikota sebagai pembicara. Pertemuan ini dilakukan untuk mengatasi bersama problem-problem yang biasa terjadi di kota.

(hp)

Comment di sini