CiriCara: Cara Mengenalkan Etika Makan Pada Anak

by
October 25th, 2012 at 11:33 am

CiriCara.com – Makan bersama di meja makan bersama keluarga bukan hanya menjadi ajang sosialisasi dan menambah keakraban antar anggota keluarga, namun bisa menjadi media efektif juga untuk mengenalkan etika makan pada anak.

Dilansir Female.Kompas.com, Yohana E Hardjadinata, Konselor Montessori Khayangan, Depok, Jawa Barat memberikan saran untuk Anda bagaimana cara memperkenalkan etika makan pada anak. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Mencuci tangan sebelum makan

Anda harus mendampingi si anak saat dia berada di wastafel atau kamar mandi. Beritahu dia pentingnya mencuci makan saat sebelum makan. Selain itu, sampaikan juga cara mencuci tangan yang benar, yaitu menggunakan sabun dan dibilas berulang kali dengan air bersih yang mengalir. Mengajarkan anak mencuci tangan merupakan langkah sederhana untuk membudayakan hidup sehat.

2. Ajarkan posisi duduk yang baik

Saat makan, si anak harus Anda ajarkan untuk tidak sambil jalan-jalan atau berlarian. Hindari pula membiarkan anak bermain saat makan, bermain dengan makanannya atau menyambi makan dengan aktivitas lain. Selain itu, ajarkan juga posisi duduk yang benar saat makan pada anak. Duduk dengan posisi tegak, jangan membungkuk atau kaki tidak diselonjorkan.

3. Berdoa sebelum makan

Anda juga harus membiasakan anak untuk berdoa saat sebelum dan sesudah makan. Cara ini akan membangun kecerdasan spiritual anak untuk mensyukuri rezeki dan nikmat yang diberikan Tuhan. Selain itu, Anda juga bisa membiasakan untuk membaca doa bersama-sama anggota keluarga lainnya saat sebelum dan sesudah makan.

4. Gunakan alat makan yang tepat

Anda harus menyiapkan sendok dan garpu sesuai dengan ukuran tubuh anak. Ajarkan cara menggunakan sendok dan garpu sebagaimana fungsinya. Agar anak menjadi suka makan, alangkah baiknya untuk menyiapkan sendok dan garpu plastik dengan gambar-gambar lucu.

5. Mulai makan bila semua hidangan sudah siap

Buatlah aturan kepada anak untuk mempersilakan orang yang lebih tua mengambil makan lebih dulu. Biasakan juga untuk mengucapkan selamat makan kepada orang yang ada di meja makan tersebut.

6. Ajarkan anak untuk mengambil makanannya sendiri

Bila makanan yang dikonsumsi si anak sama dengan anggota keluarga lainnya, maka Anda bisa mengizinkannya untuk mengisi piringnya sendiri. Dekatkan makanan ke piring anak dan biarkan ia mengambil makanannya sendiri sesuai dengan porsinya.

7. Makan dengan mulut tertutup

Anda juga harus mengajari anak mengunyah makanannya dengan baik dan mulut tertutup. Sampaikan padanya agar tidak mengisi mulutnya terlalu penuh karena berisiko tersedak. Anda bisa memberitahukan padanya untuk makan secara perlahan saja.

8. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Anda bisa mengajak ngobrol anak saat mulutnya kosong. Suasana saat makan pun bisa menjadi arena diskusi berbagai permasalahan dalam rumah maupun sekolah.

9. Ajarkan mengucapkan terima kasih

Sampaikan kepada anak untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang melayani. Misalnya, mengucapkan terima kasih pada pekerja rumah tangga yang membawakan makanan.

10. Libatkan anak dalam proses persiapan dan merapikan meja makan

Cara ini bisa Anda lakukan untuk dapat menstimulasi keterampilan motoriknya. Libatkan si anak pada aktivitas sederhana, seperti membawa sendok atau perlengkapan makan ringan. Aktivitas yang Anda ajarkan ini juga bisa melatih keterampilannya.

Itulah cara memperkenalkan etika makan pada anak. Bagaimanapun juga etika makan harus dikenalkan sejak dini agar setelah dewasa nantinya ia sudah terbiasa dan memiliki etika makan yang baik. (NR)

Comment di sini