CiriCara: Cara Memilih Mainan yang Tepat Untuk Anak

by
October 25th, 2012 at 3:09 pm

CiriCara.com- Bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi si anak. Selain dapat mengisi waktu luang mereka, bermain juga berfungsi untuk melatih motorik dan kecerdasan anak. Namun, sebagai orangtua Anda harus pintar memilihkan jenis mainan apa cocok untuk mereka.

Membelikan atau memilihkan mainan untuk si anak memang gampang-gampang susah. Anda harus memiliki trik agar mainan yang dibeli tidak berbahaya serta baik untuk perkembangannya. Lalu, bagaimana cara yang tepat memilih mainan untuk si anak? Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak tips berikut yang dilansir dari Sheknows.com:

1. Sesuaikan umur

Jika Anda ingin membelikan mainan untuk si anak, maka belilah mainan sesuai dengan umurnya. Selain itu, Anda juga harus fokus pada apa yang anak perlu dikembangkan, baik secara fisik maupun emosional. Misalnya, bayi membutuhkan mainan yang dapat membantu menstimulasi tangan atau koordinasi mata. Untuk itu pilihlah mainan yang mudah dipegang untuk usia bayi. Sementara anak yang berusia balita membutuhkan mainan bisa mengembangkan kreativitasnya.

2. Perhatikan keselamatan

Jangan pernah membelikan maianan untuk si kecil yang berjenis potongan-potongan kecil yang bisa hilang atau tertelan. Hal tersebut tentunya bisa membuat si anak tersedak. Anda harus bisa memilihkan mainan yang berbentuk kokoh dan terbuat dari bahan yang aman.

3. Dorong kreativitas

Anda harus juga memilihkan mainan yang bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas si anak. Misalnya, pilih mainan yang bersifat mekanis dan menghibur, sehingga bisa mendorong kesempatan anak untuk berpartisipasi.

4. Hindari mainan imitasi yang murah

Jika si anak memiliki minat dalam hobi, maka hindari untuk membeli mainan imitasi yang murah. Misalnya, si anak gemar melukis, ada baiknya untuk membelikan kuas dan cat air yang bermutu bagus. Tujuannya adalah agar tidak melemahkan bakat si anak. Selain itu, dengan membelikan mainan imitasi yang bagus untuk si anak, juga bisa membuatnya berkreasi dengan imajinasinya.

5. Pilih mainan yang berkualitas, bukan kuantitas

Jika Anda terlalu banyak membelikan maianan untuknya, maka akan membuatnya kewalahan dan kebingungan untuk memainkan yang mana. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda harus membeli mainan yang kualitasnya baik agar tetap awet. Buat apa membelikan mainan yang banyak jika tidak ada yang berkualitas baik untuk perkembangan otaknya.

Bagaimanapun juga permainan yang tepat untuk anak adalah mainan yang memiliki kemampuan untuk merangsang kemampuan peran, ketangkasan, dan kreativitas. Dengan memilih mainan yang tepat untuk anak, berarti Anda mendukung kesempatan si anak untuk belajar dengan efektif dan efisien. (NR)

Comment di sini