CiriCara: Ciri-ciri Anda Mengalami Keguguran

CiriCara.com – Keguguran mrupakan suatu hal yang paling dikhawatirkan perempuan pada saat hamil. Keguguran merupakan kehilangan kandungan pada saat janin berusia di bawah 20 minggu. Dilansir dari Majalahkesehatan.com, sekitar satu dari enam kehamilan berakhir dengan keguguran. Sebagian besar terjadi sebelum minggu ke-16.

Ketika dinyatakan hamil, tentunya setiap pasangan akan senang karena akan memiliki seorang anak. Namun, keguguran bisa saja terjadi jika pada saat hamil, Anda tidak menjaga janin dengan baik. Sebelum kegugran benar-benar terjadi, biasanya ada beberapa tanda awal yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak benar pada proses kehamilan. Dilansir Parenting.com, berikut ciri-ciri Anda mengalami keguguran:

1. Pendarahan dari vagina

Salah satu ciri keguguran yang paling umum adalah pendarahan, mulai dari bercak darah ringan dan berat hingga keluarnya aliran darah. Tak jarang pendarahan ini disertai dengan keluarnya jaringan, seperti dinding rahim atau kantung ketuban yang robek.

2. Perut kram

Rasa kram atau kejang pada perut biasanya terjadi karena ligamen Anda sedang mengalami peregangan. Akan tetapi, kram yang berulang-ulang dan terasa sangat sakit dari biasanya bisa menjadi tanda wal keguguran. Rasa nyeri ini biasanya terjadi di perut bagian bawah.

3. Nyeri punggung

Nyeri punggung pada masa kehamilan merupakan hal yang biasa. Namun, saat nyeri punggung ini disertai dengan bercak darah atau pendarahan hebat, sebaiknya segera hubungi dokter kandungan Anda.

4. Mengeluarkan cairan aneh

Jika Anda menemukan adanya cairan yang tidak biasa, seperti bercak darah atau gumpalan keputihan dengan bau yang menyengat, mungkin itu merupakan pertanda bahwa Anda telah kehilangan si jabang bayi. Letakkan gumpalan bercak dalam sebuah wadah bersih, bawa ke dokter kandungan untuk ditindak lanjuti.

5. Sakit pada bagian bawah perut

Biasanya nyeri pada bagian bawah perut terjadi dalam waktu cukup lama. Selain di sekitar perut, rasa sakit juga dapat terjadi di bagian bawah panggul, selangkangan, dan daerah alat kelamin.

6. Hilangnya gejala kehamilan

Biasanya perempuan akan mengalami mual dan muntah pada masa kehamilan. Jika gejala tersebut tidak lagi dirasakan, maka bisa jadi Anda mengalami keguguran.

7. Hasil tes kehamilan berubah negatif

Ketakutan akan keguguran kerap kali membuat seorang perempuan hamil terus menerus mencoba tes kehamilan, walau hasil yang didapat positif. Biasanya hal tersebut dilakukannya untuk memastikan atau meyakinkan diri mereka bahwa saat itu sedang mengandung. Jika pada suatu hari tes kehamilan Anda berubah menjadi negatif, maka bisa jadi mengalami keguguran. Untuk itu, segeralah Anda pergi ke dokter kandungan untuk memastikan hal tersebut.

Bagaimanapun juga, saat Anda sedang mengandung harus menjaga si jabang bayi tersebut. Jika tidak dijaga dengan baik, maka bisa berisiko mengalami keguguran. (NR)


comments powered by Disqus