CiriCara: Ciri-ciri Orang Sedang Hamil Muda

by
October 25th, 2012 at 4:25 pm

CiriCara.com – Terkadang seorang perempuan tak mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung atau ada calon bayi di dalam kandungannya. Setelah beberapa bulan, 2 – 3 bulan barulah ia sadar bahwa ada calon bayi di dalam kandungannya.

Biasanya hal seperti ini terjadi pada usia remaja yang tidak mengetahui ciri-ciri orang hamil. Hal seperti ini tentunya akan merepotkan dirinya sendiri dan orang lain, seperti kasus yang baru-baru ini terjadi pada salah satu siswi di Ponorogo yang melahirkan di toilet sekolahnya.

Untuk mengetahui ciri-ciri orang yang sedang hamil muda, sebaiknya Anda simak ciri-ciri berikut ini:

1. Payudara kaku dan membengkak

Salah satu tanda awal kehamilan adalah payudara yang sensitif, membengkak, dan kadang disertai sedikit rasa nyeri. Payudara kaku dan membengkak ini disebabkan karena peningkatan level hormon dalam tubuh. Tanda awal ini sama halnya ketika Anda ingin mendapatkan periode menstruasi.

2. Merasa letih

Anda akan terasa cepat letih dan capek saat setelah melakukan aktivitas maupun tidak. Kemungkinan rasa letih tersebut disebabkan karena peningkatan level hormon progesteron. Anda akan kembali bersemangat lagi pada tri semester kedua.

3. Pendarahan

Beberapa perempuan mengalami pendarahan vagina yang terjadi sekitar 11 atau 12 hari setelah pembuahan. Pendarahan ini biasanya sangat ringan, nampak seperti bercak merah atau merah muda atau bisa juga seperti noda merah kecokelatan. Hal tersebut terjadi hanya 1 atau 2 hari saja. Jika disertai rasa sakit, maka pergilah ke dokter.

4. Mual dan muntah

Perubahan hormon pada saat hamil membuat perut tidak nyaman. Tidak hanya sulit untuk makan, namun merasa mual dan muntah-muntah di pagi hari juga sering terjadi. Gejala seperti ini disebut juga “Morning Sickness.”

5. Sensitif terhadap bau-bauan

Pada saat awal kehamilan, hampir semua perempuan hamil terganggu dengan bau-bauan. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon estrogen dalam tubuh Anda. Terkadang, untuk memakan makanan favorit Anda pun terasa tidak enak dimulut.

6. Sering buang air kecil

Ciri-ciri orang hamil salah satunya yaitu sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena selama kehamilan jumlah darah dan cairan lainnya dalam tubuh akan meningkat sehingga adanya ekstra cairan yang diproses di ginjal dan kemudian berakhir di saluran kemih Anda.

7. Perut kembung

Perubahan hormon pada saat kehamilan dapat menyebabkan perut Anda terasa kembung, sama seperti saat Anda mendapatkan menstruasi.

8. Terlambat menstruasi

Jika siklus menstruasi Anda biasanya teratur dan kali ini tak datang tepat waktu, maka saatnya melakukan tes kehamilan. Sedangkan, jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur, maka gejala mual dan payudara kaku dapat menjadi acuan untuk melakukan tes.

Jika Anda memiliki ciri-ciri di atas, maka bisa jadi telah hamil muda. Untuk memastikannya, pakailah alat tes kehamilan. (NR)

Comment di sini