CiriCara: Ciri-ciri Wanita Mandul

CiriCara.com – Tidak memiliki keturunan setelah menikah tentunya menjadi sebuah kesedihan sendiri bagi pasangan. Tidak bisa memiliki keturunan tersebut disebabkan karena salah satu dari pasangan mengalami kemandulan. Mandul bisa terjadi oleh siapa saja, baik wanita maupun pria.

Faktor wanita hanya sepertiga dari total kasus kemandulan, sepertiganya lagi merupakan faktor pria, dan sepertiga sisanya merupakan gabungan antara faktor pria dan wanita. Untuk mengetahui kesuburan pria bisa dilihat dari aspek sperma yang dikeluarkan. Dari situ bisa dilihat apakah sperma yang dikeluarkan baik atau tidak. Sedangkan untuk mengetahui kesuburan seorang wanita, biasanya dilihat dari siklus menstruasinya.

Gangguan yang paling sering dialami wanita mandul adalah gangguan ovulasi. Bila ovulasi tidak terjadi, maka tidak akan ada sel telur yang bisa dibuahi. Salah satu tanda wanita yang mengalami gangguan ovulasi yaitu haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali. Gangguan lain yang bisa menyebabkan kemandulan pada wanita, antara lain:

1. Tertutupnya lubang saluran tuba

Tertutupnya lubang saluran tuba yang disebabkan karena infeksi, endometriosis, dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik.

2. Gangguan fisik rahim

Gangguan fisik rahim ini, seperti haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali dan nyeri haid yang diluar kebiasaan. Jika Anda selalu merasakan nyeri haid yang tidak biasa, maka pergilah ke dokter kandungan untuk mengonsultasikan masalah tersebut.

3. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul ini merupakan suatu peradangan pada tuba faloppi atau saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Biasanya peradangan menyerang kedua tuba dan infeksi bisa menyebar ke rongga perut dan menyebabkan peritonitis.

4. Keguguran lebih dari sekali

Keguguran merupakan kegagalan kelangsungan proses kehamilan secara spontan pada usia lebih dini atau sama dengan 20 minggu. Keguguran akan menjadi masalah serius jika terjadi berulang.

Gangguan yang terjadi tersebut bisa saja terus meningkat bila Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu gemuk atau kurus, meminum alkohol, kekurangan gizi, stres, memiliki penyakit menular seksual, dan umur. Umur bisa menurunkan kemampuan seorang wanita untuk hamil karena kemampuan indung telur melepaskan sel telur menurun seiring peningkatan usia, mutu sel telur menurun, dan rentan mengalami keguguran.

Bagi wanita sehat yang berusia di bawah 30 tahun, tak perlu khawatir akan mandul kecuali Anda telah berusaha selama setahun untuk sekedar hamil. Bila hal tersebut terjadi, maka Anda harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Namun, bagi perempuan yang berusia di atas 30 tahun, mereka harus segera ke dokter bila tak kunjung hamil. (NR)


comments powered by Disqus