Kekurangan dan Kelebihan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

CiriCara.com – Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menjadi salah satu primadona di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Kedua mobil murah ini termasuk kendaraan yang paling banyak menyita perhatian para pengunjung pameran.

Sudah ada banyak orang yang mengeluarkan dana awal uang muka untuk membeli Toyota Agya dan Daihatsu Ayla meskipun keduanya belum resmi dipasarkan. Harganya yang murah menjadi daya tarik yang kuat, terutama terhadap konsumen yang datang dari kalangan menengah.

Namun, meskipun berharga murah, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki beberapa kekurangan yang menjadi bahan pertimbangan calon pembeli. Apa saja kekurangan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla?

- Tenaganya hanya 65 ps karena merupakan mobil berkonsep city car.
- Akselerasi kurang lincah karena perlu kira-kira 14 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.
- Bobot terlalu ringan (745 kg) sehingga tidak bisa dipacu terlalu cepat.
- Fitur yang terbatas

Tetapi mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla punya sejumlah kelebihan di mata calon pembeli. Berikut adalah kelebihan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla selain harganya yang murah.

- Proses pembuatan lumayan lama (3 tahun) untuk memastikan keamanan dan kenyamanan mobil bagi pengendara dan penumpang.
- Terikat peraturan Low Cost dan Green Car (LCGC) sehingga selain berharga murah, mobil ini juga ramah lingkungan.
- Irit bahan bakar sebab hanya berdaya 1.000 cc di mana 1 liter bensin cukup untuk menempuh jarak 30 km.
- Identitas Indonesia yang kental. Agya dan Ayla berasal dari bahasa Sansekerta, Agya artinya “cepat” dan Ayla berarti “cahaya”. Selainitu, Toyota Agya memiliki logo burung garuda. Kira-kira 84% komponen Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berasal dari Indonesia.
- Interior yang nyaman dan luas, dapat menampunng hingga 5 orang penumpang.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla rencananya akan dijual dengan harga Rp 75 juta – Rp 100 juta. Kedua mobil ini akan mulai resmi dipasarkan mulai Maret tahun 2013.

(hp)


comments powered by Disqus