Alasan iPad 3 Pantas “Pensiun Dini”

by
October 29th, 2012 at 8:20 am

CiriCara.com - Kemunculan iPad 4 memang sangat mengejutkan dan terkesan terburu-buru. Kabar diumumkannya produk iPad 4 memang dirasa terlalu cepat, karena produk generasi sebelumnya baru saja dirilis dan dirasakan oleh para penggunanya. Dan alangkah lucunya lagi, di Indonesia sendiri tablet ini baru menampakkan diri di reseller Apple di Indonesia pada akhir Juni 2012. Butuh waktu sekitar 4 bulan sebelum masuk Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada Maret 2012. Dan sekarang sudah muncul produk iPad baru lagi yaitu iPad 4.

Apple memang membuat keputusan yang tidak biasa dan menabrak siklus tahunan produknya sendiri, dimana biasanya produk-produk Apple selalu hadir pada setiap tahunnya. iPad generasi ketiga hanya berumur 6 bulan saja, hal yang tidak biasa untuk produk-produk Apple kebanyakan. Produk iPad 3 yang dikenal dengan nama New iPad, diganti dengan iPad 4 yang kini mengusung nama resmi “iPad with Retina Display“. Bahkan, di situs web resmi Apple, iPad 3 sudah ditiadakan. Jajaran produk iPad yang ada sekarang hanyalah iPad 2, iPad with Retina Display, dan iPad Mini.

Lantas apa saja alasan pensiun dini dari produk iPad 3 ini, simaklah ulasan di bawah ini :

1. Peningkatan prosesor

Alasan pertama yang melatarbelakangi pensiun dininya iPad 3 karena iPad generasi keempat ini adalah peningkatan prosessor yang diusungnya. iPad 4 sudah terpasangnya sebuah prosesor dengan tipe dan generasi terbaru yaitu A6x dengan kecepatan 1.3 Ghz. Jauh berbeda sekali dengan iPad generasi ketiga yang sudah rilis sebelumnya yang masih menggunakan Prosesor A5x. Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa prosesor generasi terbaru ini mampu bekerja lebih cepat dua kali lipat dibandingkan prosesor A5x.

2. Perluasan Jaringan LTE

Berbekal kritik bertubi-tubi dari produk iPad 3 yang sudah dirilis Maret lalu, pihak Apple tidak mau kecolongan lagi dalam membuat sebuah produk iPad. Saat itu iPad 3 tidak optimal dengan Jaringan LTE yang ada di dalamnya. Apple mendapat banyak kritik lantaran pengguna di beberapa negara, termasuk Australia, tidak dapat terkoneksi ke jaringan 4G LTE dari iPad 3 mereka. Apple bahkan dituding membohongi publik Australia. Kemungkinan alasan kemunculan iPad 4 ini untuk menjawab banyaknya kritik yang dilontarkan konsumen kepada pihak Apple.

3. Mengikuti standar Lightning Connector

Alasan berikutnya adalah standar Lightning Connector.  Perangkat mobile Apple kini memiliki dock konektor standar baru, berukuran 8 pin, dan diberi nama Lightning Connector. Lightning Connector kini digunakan di iPhone 5 dan iPod touch generasi 5. Sedangkan untuk iPad generasi 3 masih menggunakan dock konektor berukuran 30 pin. Karena itulah, Apple menggantinya dengan iPad 4 yang telah memakai Lightning Connector. Keputusan ini diambil demi menjaga ekosistem perangkat mobile Apple di masa depan.

4. Sistem Operasi

Kehadiran iPad 4 tidak hanya melakukan peningkatan pada sisi prosesornya saja, akan tetapi juga dari sisi Sistem Operasi yang didukungnya. Generasi keempat dari iPad ini sudah mengusung Sistem Operasi terbaru yaitu iOS 6 yang sudah dirilis juga dengan diumumkannya iPhone 5. Ini berbeda sekali dengan iPad generasi ketiga yang sudah muncul akhir juni lalu di Indonesia. Pada saat itu iPad 3 hanya mengusung Sistem Operasi iOS 5.1

Itulah beberapa alasan yang melatarbelakangi produk iPad 3 ditarik secara cepat dari pasaran dan digantikan produk baru yaitu iPad 4. (AD)

Comment di sini