Iklan ‘TKI Murah’ di Malaysia Dinilai Lecehkan Indonesia

by
October 29th, 2012 at 3:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Selebaran iklan TKI murah yang beredar di Malaysia akhirnya mendapat respon dari anggota DPR. Pasalnya, iklan tersebut sudah melecehkan Bangsa Indonesia dan merendahkan martabat Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR, Poempida Hidayatulloh menilai bahwa iklan ‘TKI on sale’ itu merupakan pelecehan. Ia mengatakan bahwa iklan tersebut sudah menunjukkan adanya perbudakan orang Indonesia di Malaysia.

“Ini benar-benar pelecehan! Sudah mengarah kepada perbudakan modern!” tegas Poempida, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (29/10/2012).

Poempida juga meminta pemerintah Indonesia untuk bertindak tegas terkait masalah iklan tersebut. Menurutnya, Indonesia harus meminta pemerintah Malaysia untuk segera bertanggungjawab dengan menangkap pelaku pembuat iklan TKI murah itu.

Selain itu, Poempida juga mengaku akan segera menghubungi KBRI di Malaysia dan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia. Ia meminta agar pejabat tersebut segera menyelesaikan masalah iklan yang telah melecehkan para TKI di Malaysia.

“Ini tidak bisa diterima. Benar-benar melecehkan Bangsa Indonesia. Berlawanan dengan penegakan HAM,” kata politisi partai Golkar ini.

Poempida menegaskan, pemerintah Indonesia harus bersikap tegas dalam menangani kasus iklan ‘TKI on sale’ tersebut. Jika tidak, maka pemerintah Indonesia akan kembali gagal dalam menegakkan amanat konstitusi mengenai perlindungan WNI.

Ia juga menyebut Malaysia tidak pantas menjadi anggota ASEAN yang menjunjung tinggi HAM. Menurutnya, iklan ‘TKI on sale’ yang beredar di Malaysia itu sudah merupakan pelanggaran HAM.

Sebelumnya, selebaran ‘TKI on sale’ beredar luas di Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam selebaran tersebut tertulis jasa pembantu rumahtangga dari Indonesia dengan harga murah bahkan, mendapat diskon 40 persen.

(YG)

Comment di sini