Kelebihan Fusion Drive di Komputer Desktop Mac Mini

by
October 29th, 2012 at 1:00 pm

CiriCara.com - Produsen Apple memang lagi gencar-gencaranya merilis produk-produk barunya, mulai dari iPad mini, iPad generasi keempat sampai komputer desktop Mac Mini. Perangkat mungil ini juga diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran produk-produk iPad lainnya pada Kamis, 25 Oktober 2012.

Komputer desktop Mac Mini hadir dengan bentuk yang mini dengan selubung yang berukuran mini pula. Seakan menjadikan kesan mini pada semua produk yang dihasilkan, pihak Apple sengaja menghadirkan kesan unik dan berbeda pada produk-produk yang dirilisnya.

Komputer Desktop Mac Mini ini sudah dipersenjatai Prosesor Intel Core i Generasi Ketiga atau Ivy Bridge dengan pemroses grafis terintegrasi Intel HD 4000. Tidak hanya itu saja, pihak Apple juga menanamkan metode baru dalam sistem penyimpanan data pada komputer desktop Mac Mini ini. Metode baru ini yang dibicarakan orang banyak ini bernama “Fusion Drive”, yaitu sebuah metode yang dapat menggabungkan harddisk konvensional berkapasitas 1 TB atau 3 TB dengan SSD 128 GB.

Sistem penyimpanan canggih ini hampir sama dengan sistem SSD Caching yang sudah lebih dulu diterapkan pada PC di Windows selama beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi ada sedikit perbedaan mencolok yang ditemukan pada kedua fitur tersebut, yaitu dalam hal kecepatan penyimpanan. Pihak Apple sendiri mengklaim bahwa kecepatan penyimpanan data yang ada pada Drive Storage ini 3.5 kali lipat dari akses kecepatan data pada harddisk pada umumnya. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kecepatan penyimpanan data dengan menggunakan metode teknologi Fusion Drive ini.

Akes kecepatan data tersebut bisa terjadi dikarenakan Fusion Drive menggunakan metode penulisan yang berbeda dengan teknologi sebelumnya, di mana file ditulis ke SSD terlebih dahulu, baru kemudian dipindah ke harddisk sehingga kecepatan tulis lebih tinggi. Penyimpanan Fusion Drive tetap dikenali sebagai satu partisi, meski sebenarnya terdiri dari dua perangkat harddisk dan SSD.

Pihak Apple Tidak hanya memproduksi komputer desktop Mac Mini dalam versi dekstop saja, akan tetapi juga menyediakan untuk versi server yang sudah menggunakan Sistem Operasi OS X Server. Dengan kecanggihan yang terdapat pada Komputer Desktop Mac Mini ini, ditambah lagi ditunjang dengan adanya teknologi Fusion Drive tersebut tidak salah kalau harganya lumayan tinggi. Tetapi perlu diingat bahwa harga itu sepadan denganfasilitas yang didapatkan.

Komputer Desktop Mac Mini ini dijual mulai harga 599 dollar AS untuk model dengan prosesor Dual Core Intel Core i5 2.5 GHz, dengan memori RAM 4 GB, dan harddisk 500 GB. Namun, model ini tidak dilengkapi dengan teknologi Fusion Drive.  Sedangkan untuk versi yang mengusung teknologi “Fusion Drive” dibanderol dengan harga 799 dollar AS dan memiliki Prosesor Quad-Core Intel Core i7 2.3 GHz, RAM 4 GB, serta harddisk/ Fusion Drive 1 TB. (AD)

Comment di sini