Kelebihan Windows 8 Dibandingkan Windows 7

by
October 29th, 2012 at 9:05 am

Windows8installation.com

CiriCara.com - Baru-baru ini Microsoft telah mengeluarkan produk terbarunya dari jajaran Sistem Operasi yaitu Windows 8. Windows 8 resmi diluncurkan pada hari Kamis (25/10/2012). Peluncuran Sistem Operasi terbaru besutan Microsoft ini dilakukan secara global di beberapa negara di dunia, sedangkan untuk wilayah Asia Pasifik sendiri dilakukan di Singapura.

Untuk Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, Windows 8 mungkin akan beredar beberapa pekan ke depan.  Windows Store sendiri  segera tersedia di 231 pasar di seluruh dunia, termasuk Australia, Kamboja, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Peluncuran Sistem Operasi Window 8 ini sudah ditunggu dan disambut oleh rekanan resmi Microsoft seperti produsen-produsen laptop dan perangkat lainnya. Tercatat ada beberapa produsen yang sudah siap mengaplikasikan keberadaan Windows 8 ini seperti Asus, Acer, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, Samsung, Sony serta Toshiba.

 Tidak tanggung-tanggung semua produsen ini telah menyediakan lebih dari 50 jenis peranti (device) baru yang menggunakan Windows 8. Secara global, lebih dari 1.000 peranti siap mengaplikasikan Windows 8. Sungguh luar biasa sekali animo produsen perangkat elektronik untuk mengadopsi Sistem Operasi Windows 8 ini. Untuk semakin membuat penasaran, lantas apa saja keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh Windows 8 dibandingkan Windows 7? Simaklah ulasannya:

1. Proses Booting Cepat

Tidak seperti generasi sistem operasi sebelumnya, Windows 8 hadir dengan kecepatan booting yang lebih cepat, yaitu 8 detik. Tidak ditemui lagi flashing pada layar BIOS yang biasa keluar sebelum masuk ke jendela Windows.

2. Aspek keamanan

Windows8installation.com

Setelah proses booting yang cepat, sekarang beralih pada aspek keamanan dari serangan malware yang masuk secara tiba-tiba. Sistem Operasi Windows 8 ini dipersenjatai  Secure Boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI sehingga bisa melindungi PC dari malware saat booting.

3. Spesifikasi hardware dan software yang rendah

Sistem Operasi Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrasturktur Chip ARM, di mana chip ini biasa dipakai pada perangkat-perangakat di bawah desktop dan laptop, bisa pula ditemui pada perangkat tablet yang hampir semuanya memakai Chip ARM. Dengan spesifikasi yang rendah itulah OS Windows 8 ini bisa masuk untuk tataran tablet. Tidak hanya hardware-nya saja yang berspesifikasi rendah, akan tetapi software yang berjalan pada Windows 8 ini juga kompatibel dengan software yang berjalan di Windows 7, jadi tidak perlu lagi untuk melakukan proses upgrade PC. Pihak Microsoft pun juga mengklaim bahwa Prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

4. Teknologi NFC

Windows 8 sudah mendukung teknologi NFC atau biasa dikenal dengan Near Field Communication. Teknologi canggih  ini sudah seringkali diaplikasikan sebagai alat untuk komunikasi data, baik itu transaksi pembayaran keuangan atau komunikasi antara  dua perangkat. Menurur rumor, tablet yang memakai Sistem Operasi Windows 8 kemungkinan besar akan secara otomatis dapat memanfaatkan fitur ini.

5. Toko Aplikasi Windows Store

Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

Itulah beberapa keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh Sistem Operasi Windows 8 ini, jika Anda berminat segeralah beralih menggunakan Windows 8. Dengan begitu Anda bisa merasakan fitur-fitur yang tidak Anda rasakan pada Sistem Operasi Windows 7. (AD)