Mensos Kunjungi Pemulung yang Berkurban

by
October 29th, 2012 at 1:19 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Belakangan ini beredar kabar seorang pemulung yang hidup dalam kemiskinan namun masih mau berkurban di hari raya Idul Adha, 26 Oktober 2012 lalu. Pemulung tersebut adalah Yati (60) yang tinggal di sebuah gubuk di Jakarta Selatan.

Mendengar kabar tersebut, Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al-Jufri langsung datang ke gubuk Yati di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Mensos memberikan bantuan uang kepada Yati yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Yati pun langsung mencium tangan sang menteri dan menangis.

Salim berharap agar masyarakat bisa mencontoh Yati yang mau berkurban meski hidup dalam kemiskinan. Menurutnya, kisah hidup Yati bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga. Yati telah mengajarkan bahwa kemiskinan bukanlah halangan untuk berbuat baik.

“Ini memberikan contoh kemiskinan juga bisa berbuat kebaikan. Di sini juga kita bisa melihat, kenapa ibu ini yang miskin, seorang pemulung, yang bekerja hingga jam 11 malam, bisa menabung untuk berkurban,” ujar Salim seperti dikutip Merdeka.com, Minggu (28/10/2012).

Salim juga sempat menawari Yati untuk pulang ke kampung halamannya di Pasuruan, Jawa Timur. Menurutnya, profesi sebagai pemulung sudah tidak pantas lagi untuk Yati yang sudah tua. “Nanti dibikinin rumah sederhana di Pasuruan. Emak sudah tua, tidak pantas jadi pemulung,” katanya.

Mendengar tawaran itu, Yati mau saja pulang kampung ke Pasuruan asal diberi rumah untuk tempat tinggalnya. Yati mengaku akan bertani jika jadi pulang kampung. “Saya sih mau saja, pak,” katanya sambil menangis karena gembira.

Yati sendiri mengaku terkejut dengan kedatangan Mensos ke gubuk miliknya. Ia tidak menyangka ada menteri yang mau berkunjung ke tempat orang miskin. “Saya kaget, kedatangan menteri. Baru kali ini gembel kedatangan tamu besar,” katanya.

Sebelumnya, Yati mendadak jadi pemberitaan karena niatnya berkurban 2 ekor kambing pada Idul Adha kemarin. Yati yang tinggal di sebuah gubuk di samping Rumah Susun Tebet, berkurban 2 ekor kambing di Masjid Al Ittihad, Tebet, Jakarta.

(YG)

Comment di sini