Perbandingan Fitur iPad 2 Vs iPad Mini

by
October 29th, 2012 at 2:30 pm

CiriCara.com - Apple baru saja mengeluarkan 3 produk andalan terbarunya di akhir 2012 ini. Salah satunya adalah iPad Mini yang sebelumnya sudah ramai diperbincangkan khususnya di kalangan pecinta gadget. iPad Mini disebut-sebut sebagai tablet suksesor iPad 2, hanya layarnya berukuran lebih kecil. Tetapi iPad Mini memiliki sejumlah kelebihan bila dibandingkan dengan iPad 2.

Seolah tidak mau kalah dengan versi sebelumnya, iPad Mini sengaja dipersenjatai dengan berbagai fitur-fitur baru dan peningkatan pada performa kinerjanya. Akan tetapi kesamaan dengan iPad 2 juga tidak ditinggalkan begitu saja, ada beberapa hal pokok seperti prosesor dan resolusi layar yang sama di antara keduanya.

iPad Mini dan iPad 2 sama-sama memiliki Prosesor A5 Dual-core dan resolusi layar sebesar 1024×768.  Dengan tampilan layar seukuran 7,9 inci dan kerapatan 163 pixel per inci kinerja si iPad Mini bisa menyaingi iPad 2. iPad Mini bisa bekerja optimal dalam menampilkan dan menjalankan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada iPad 2, total terdapat 275.000 aplikasi yang bisa dipergunakan di iPad Mini.

Dari sisi fitur kamera, kemampuan iPad Mini sangat jauh bila dibandingkan dengan pendahulunya. iPad Mini sudah dipersenjatai dengan kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel, dengan tambahan fitur fokus otomatis, pengenalan wajah, dan aperture f/2.4. Kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dalam kualitas 1080p. Sedangkan untuk kamera depan, iPad Mini disemat kamera dengan resolusi 1,2 megapiksel yang dapat dimanfaatkan untuk fitur FaceTime.

Serasa tidak mau meninggalkan kesan elegan dalam setiap produk Apple yang dibuat, iPad Mini ini didesain mini dengan tebal 7,2 mm dengan balutan materi alumunium. Bobotnya pun lebih ringan dari  iPad 2.

Untuk soal ketahanan baterai, iPad Mini sanggup bertahan selama 10 jam pemakaian secara normal. Teknologi baterai yang dipasangkan pada iPad Mini diklaim sudah canggih. Apple juga menyebutkan bahwa baterai ini merupakan “Baterai single-cell terbesar dan tertipis yang pernah didesain oleh Apple”.

Untuk media penyimpanan datanya sendiri, produsen Apple menyediakan versi 16GB, 32GB, dan 64GB. Tinggal Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang akan dipakai.

Produk iPad Mini ini sudah bisa dipesan mulai pekan ini dan mulai dikirimkan pada 2 November mendatang ke 34 negara. Akan tetapi untuk Indonesia sendiri masih belum bisa masuk dalam bulan-bulan ini. Berbekal dari pengalaman dengan model-model produk iPad sebelumnya, konsumen dalam negeri mungkin perlu bersabar menunggu beberapa bulan lagi sebelum bisa mendapatkan iPad Mini yang masuk lewat jalur resmi di Indonesia.

New iPad misalnya, butuh waktu sekitar 4 bulan sebelum masuk Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada Maret 2012. Tablet ini baru menampakkan diri di reseller Apple di Indonesia pada akhir Juni 2012. Jadi kesimpulannya masyarakat Indonesia harus bersabar untuk bisa merasakan ketangguhan iPad Mini ini.

(AD)

Comment di sini