Perbandingan iPad Mini, iPad 2, iPad 3, dan iPad 4

by
October 29th, 2012 at 10:48 am

CiriCara.com - Baru-baru ini Apple resmi memperkenalkan produk terbarunya dari jajaran iPad. Produk terbaru dari Apple ini bernama iPad Mini.  Kemunculan produk iPad Mini yang memiliki layar sebesar 7,9 inci ini seolah membius para pecinta gadget pintar di seluruh dunia. Dengan kesan baru dan tidak biasa, produk baru iPad ini banyak diburu oleh para pembeli di seluruh penjuru dunia. Secara keseluruhan iPad Mini merupakan bentuk mungil dari iPad edisi kedua yang sudah muncul mendahuluinya.

iPad Mini memberikan pilihan dan varian baru untuk keluarga iPad buatan Apple. Dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan iPad pada umumnya, iPad Mini hadir dengan kisaran harga mulai 329 dollar AS untuk versi 16 GB WiFi. Harga yang sepadan untuk iPad berfitur mini dan sederhana. Dilihat dari kemampuan teknis dan fitur yang diusungnya, iPad Mini memang tidak secanggih saudara-saudaranya. Sementara itu, tablet iPad 2 yang telah beredar sejak kuartal pertama tahun lalu tetap dipertahankan di lini produk Apple dengan level harga di antara iPad Mini dan iPad generasi ke-4.

Konsumen hari ini akan dihadapkan dengan empat varian jenis iPad, yaitu iPad Mini, iPad 2, iPad 3, dan iPad 4 yang pada setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk menjawab kebingungan para konsumen yang akan membeli produk-produk dari keluarga Apple ini, berikut ini akan dijelaskan poin-poin penting dalam memilih perangkat iPad yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu berlama-lama lagi, simaklah ulasan di bawah ini :

1. Prosesor

Kelebihan dan kekurangan pertama akan membahas tentang prosesor yang diusung oleh keempat jenis iPad ini. iPad Mini dan iPad 2 dipersenjatai dengan prosesor Dual Core Apple A5, sedangkan untuk iPad 3 dipersenjatai dengan prosesor A5 generasi terbaru dengan seri X. Berbeda dengan saudara-saudara sebelumnya, iPad 4 mengusung prosesor generasi yang paling baru yaitu prosesor A6x. Dengan perbedaan segmentasi generasi prosesor yang ada tersebut, Anda dituntut untuk memilih sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin mencicipi generasi prosesor terbaru milik Apple pilihlah New iPad untuk mendukung kinerja Anda.

Akan tetapi jika Anda ingin sesuatu yang berbeda dibandingkan keluarga iPad yang lain, pilihlah iPad Mini dengan dukungan prosesor A5 yang sedikit lebih rendah kinerja prosesornya sesuai. Kembalilah lagi pada aspek kebutuhan Anda sehari-hari, jikalau Anda membutuhkan proses kerja prosesor yang tinggi tidak ada salahnya juga Anda membeli iPad 4. Akan tetapi jika kebutuhan prosesor tidak begitu penting dalam mendukung pekerjaan yang Anda lakukan, Anda bisa mencoba membeli produk terbaru dari iPad yaitu iPad Mini.

2. Sistem Operasi

Kehadiran iPad 4 tidak hanya melakukan peningkatan pada sisi prosesornya saja, akan tetapi juga dari sisi Sistem Operasi yang didukungnya. Generasi keempat dari iPad ini sudah mengusung Sistem Operasi terbaru yaitu iOS 6 yang sudah dirilis juga dengan diumumkannya iPhone 5. Ini berbeda sekali dengan iPad generasi ketiga yang sudah muncul akhir Juni lalu di Indonesia.

Pada saat itu iPad 3 hanya mengusung Sistem Operasi iOS 5, sedangkan iPad 2 hanya punya iOS 4.  Jika Anda berminat untuk mencoba Sistem Operasi iOS 6 tidak ada salahnya mencoba sistem operasi terbaru ini. Pilihan lain, mungkin bisa Anda rasakan dengan kesan baru pada iPad Mini yang juga sudah didukung dengan Sistem Operasi terbaru yaitu iOS 6. Tinggal Anda pilih antara iPad 4 atau iPad Mini yang notabene keduanya memiliki sistem operasi yang sama. Hanya saja keduanya berbeda dalam hal prosesor yang diusungnya.

3. Konektivitas jaringan

Dalam hal konektivitas yang diusung dari produk iPad 4 ini, iPad 4 sudah disematkan konektivitas 4G LTE yang sudah di-upgrade dibandingkan generasi iPad sebelumnya. Berbekal koneksi 4G LTE yang sudah naik level tersebut, kini konektivitas 4G LTE tersebut bisa digunakan di banyak operator di luar Amerika Serikat termasuk di Inggris di mana jaringan 4G-nya sempat tidak bisa dinikmati oleh para pengguna iPad 3. Berbeda lagi dengan  iPad Mini dan iPad 2 yang masih mengusung konektivitas jaringan EDGE, 3G HSDPA.

Tetapi ada nilai plus tersendiri untuk iPad Mini, karena  iPad Mini tersedia juga untuk versi yang mendukung jaringan LTE. Penulis menyarankan untuk tidak memilih iPad 3 karena jaringan LTE-nya masih belum optimal dalam bekerja, terbukti iPad 3 pensiun dini dan ditarik dari pasaran. Jika saja Anda sangat membutuhkan keberadaan jaringan LTE yang benar-benar optimal tidak ada salahnya Anda mencoba iPad 4 atau iPad Mini dengan versi LTE.

4. Pemroses grafis

Untuk pertimbangan terakhir adalah pemroses grafis yang didukung oleh setiap perangkat iPad yang ada. Untuk iPad Mini dan iPad 2 masih relatif sama dalam hal pemroses grafisnya, yaitu menggunakan Power VR SGX 543MP 2. Keduanya mempunyai kemampuan yang sama dalam hal pemroses grafis yang dipergunakannya. Nah, sekarang Anda tinggal memilih apakah menginginkan model iPad dengan ukuran layar 7,9 inci atau menginginkan ukuran layar sebesar 9,7 inci pada iPad 2.

Tinggal Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Sedangkan untuk iPad 3 dan iPad 4 jelas diatas kemampuan dari iPad Mini dan iPad 2, generasi New iPad ini sudah didukung pemroses grafis Quad Core Graphics. Tentunya tampilan grafis dari keduanya berbeda sangat jauh dibandingkan seri Power VR SGX, baik dari segi graphic screen dan tingkat kerapatannya.

Itulah beberapa kelemahan dan kelebihan yang diusung oleh setiap versi iPad yang ada di pasaran. Tentukanlah sesuai dengan kebutuhan dan kinerja dalam pekerjaan Anda. Ada empat poin penting yang bisa Anda pertimbangkan ke depan untuk memilih perangkat iPad yang sesuai dengan kebutuhan. (AD)