Selebaran ‘TKI Murah’ Beredar di Malaysia

by
October 29th, 2012 at 11:16 am

Jakarta (CiriCara.com) – Selebaran iklan tenaga kerja Indonesia (TKI) murah beredar di Malaysia. Iklan ‘TKI on sale’ ini tersebar di jalanan kawasan Chow Kit, daerah yang banyak menggunakan jasa TKI di Kuala Lumpur. Iklan ini dibagikan ke warga dan juga ditempel di sejumlah tempat.

Dari foto yang diambil Migrant Care dari jalanan Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia, iklan ‘TKI on sale’ itu menawarkan jasa pembantu dari Indonesia. Namun tarifnya lebih murah karena akan mendapatkan diskon 40 persen.

Sementara itu, Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Syed Munshe Afdzaruddin Bin Syed Hassan menilai iklan tersebut merupakan bentuk pelecehan. “Kita tidak akan mendukung tindakan pelecehan ini,” ujarnya seperti dikutip dari detik.com, Senin (29/10/2012).

Munshe menuturkan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pemerintah Malaysia. Munshe mendesak agar pemerintah Malaysia bisa menangkap pelaku penyebaran iklan TKI murah tersebut.

“Hal ini tidak dibenarkan. Jadi kita sudah lapor ke pihak pemerintah Kuala Lumpur untuk menindaklanjuti ini, mencari siapa yang menyebarkan ini,” kata Munshe di Jakarta.

Menurut Munshe, selebaran tersebut bisa mengganggu hubungan bilateral kedua negara (Indonesia-Malaysia). Untuk itu, pihaknya akan menambah kewaspadaan demi mencegah konflik akibat selebaran tersebut. “Ini adalah tindakan liar dan kita (Malaysia) sama sekali tidak mendukung ini,” tutupnya.

Hingga saat ini pelaku penyebaran iklan TKI murah masih belum diketahui. Pihak Malaysia juga belum memberikan laporan terkait penyelidikan kasus tersebut.

(YG)

Comment di sini