Akibat Topan Sandy, Reaktor Nuklir Amerika Terancam

by
October 30th, 2012 at 5:01 pm

New York (CiriCara.com) – Topan Sandy yang melanda sebagian wilayah di Amerika Serikat menyebabkan air laut meluap. Banyak wilayah yang terendam banjir, termasuk juga kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

PLTN tertua di Amerika Serikat yang sedang tidak beroperasi kini berstatus waspada karena permukaan air laut naik. Badai Sandy mengakibatkan air laut naik hampir 2 meter di atas permukaan laut dan menggenangi sejumlah tempat.

Komisi Pengaturan Nuklir (NRC) melaporkan kondisi PLTN Oyster Creek di Lacey Township, New Jersey, dan semua PLTN di daerah tersebut masih aman. Namun, karena tingginya permukaan air di Oyster Creek status PLTN kini menjadi “waspada”.

Pemilik PLTN, Exelon Corp, mengatakan aliran listrik di PLTN Oyster Creek sempat terganggu, tetapi masih bisa diatasi dengan bantuan generator diesel cadangan. Saat ini generator tersebut masih cukup untuk mengalirkan listrik selama dua minggu sesuai dengan bahan bakar yang tersedia.

Sementara itu, PLTN di Salem, Hope Creek, dan New Jersey juga ada dalam pengawasan ketat. Ketiga PLTN ini beroperasi untuk mengalirkan listrik ke tiga juta rumah setiap harinya. NRC berharap agar debit air bisa kembali normal dalam beberapa jam.

Untuk saat ini, Amerika masih mengandalkan kinerja PLTN di Lusby dan Maryland yang masih bisa beroperasi secara penuh. Dua PLTN ini mampu mengalirkan listrik untuk satu juta rumah di Amerika Serikat.

Sebelumnya, akibat topan Sandy ini sebagian wilayah di kota New York mengalami pemadaman listrik. Diduga telah terjadi ledakan di gardu listrik saat badai ganas itu menerjang wilayah New York, Senin (29/10) waktu setempat.

(YG)

Comment di sini