CiriCara: Cara Memilih Windows 8, Windows 8 PRO, atau Windows 8 RT?

by
October 30th, 2012 at 9:46 am

CiriCara.com - Kita semua sudah tahu bahwa Microsoft sudah meluncurkan produk terbarunya yaitu Sistem Operasi Windows 8 beberapa hari yang lalu. Kita juga sudah tahu bahwa produk Sistem Operasi Windows 8 ini mempunyai 3 jenis yang berbeda, yaitu Windows 8, Windows 8 PRO, dan Windows RT.

Akan tetapi meskipun berita mengenai peluncuran dan kabar seputar Windows 8 ini sedang hangat-hangatnya, ternyata masih banyak masyarakat awam yang masih belum mengetahui apa saja perbedaan dari ketiga jenis Sistem Operasi Windows 8 ini sehingga sulit bagi mereka untuk memilih mana yang cocok.

Memang ada perbedaan di antara ketiganya, baik Windows 8 dan PRO ataupun Windows 8 dengan versi yang RT. Akan tetapi banyak kasus terjadi masyarakat awam lebih susah untuk membedakan antara Windows 8 PRO dan Windows 8 RT. Sedangkan untuk Windows 8 dan Windows 8 PRO kebanyakan sudah paham dan mengerti, karena memang untuk kedua versi ini tidak banyak pembeda di antara keduanya.

Lantas apa saja perbedaan antara Windows 8 PRO dan Versi Windows 8 RT, simaklah ulasan dari CiriCara.com berikut ini :

Platform hardware

Perbedaan paling mendasar dari Versi Windows 8 PRO dan Windows 8 RT ini adalah dari sisi dukungan hardware yang diusung dari keduanya. Meskipun sama-sama Windows 8 akan tetapi keduanya memiliki segmentasi dukungan hardware yang berbeda.

Untuk versi Windows 8 RT hanya dapat dijalankan atau didukung oleh perangkat dengan Prosesor ARM, sedangkan untuk versi Windows 8 PRO hanya bisa dijalankan dan didukung oleh prosesor dengan versi x86 dan x64. Dan juga sebaliknya, Versi Windows 8 RT tidak dapat dijalankan pada prosesor dengan versi x86 dan x64 dan Versi Windows 8 PRO tidak bisa dijalankan pada Prosesor ber-versi ARM.

Aplikasi Microsoft Office

Perbedaan mencolok kedua adalah mengenai dukungan Aplikasi Microsoft Office di antara keduanya. Untuk versi Windows 8 RT sudah disertakan aplikasi Microsoft Office Home and Student 2013 (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote). Sedangkan untuk versi Windows 8 PRO tidak disertakan paket untuk aplikasi Microsoft Office-nya.

Aplikasi Microsoft Office pada Sistem Operasi Windows 8 jenis RT ini sudah dipaket (pre-installed) bersama komputer atau tablet berarsitektur prosesor ARM. Dengan adanya  aplikasi Microsoft Office ini, pengguna perangkat Windows RT tak perlu membeli lagi paket aplikasi perkantoran tersebut. Untuk Windows 8, penggunanya harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli aplikasi Microsoft Office.

Meskipun demikian Anda sebagai pengguna Windows 8 berversi PRO tidak perlu gusar menghadapi Windows 8 berversi RT. Karena meskipun Windows 8 sudah dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office yang sudah terpaket di dalamnya, akan tetapi aplikasi-aplikasi desktop lama dari Windows versi sebelumnya tidak dapat digunakan di Windows RT. Pengguna Windows RT hanya dapat menggunakan aplikasi (baru) yang tersedia di Windows Store, yang jumlahnya juga belum terlalu banyak. Jadi sisi kemudahan dan efesiensi juga dipertaruhkan dalam Windows 8 RT ini.

Di lain sisi Anda patut bersyukur apabila memakai Windows 8 dan Windows 8 Versi PRO. Karena Windows 8 dan Windows 8 Pro dapat menikmati ribuan aplikasi, baik aplikasi desktop lama maupun yang terdapat di Windows Store. Tetapi minusnya Anda harus mengunduh sendiri aplikasi Microsoft Office yang akan digunakan pada versi ini.

Plus dan minus yang ada pada setiap versi tersebut, pasti sudah didesain dan diperhitungakan oleh si pihak pengembang yakni Microsoft untuk menyetarakan penggunaan antara versi Sistem Operasi Windows 8 yang ada. Sekarang tinggal bagaimana Anda memilih sesuai kebutuhan yang akan dilakukan dengan Sistem Operasi Windows 8 ini. (AD)

Comment di sini