CiriCara: Cara Mencegah Kemandulan Pada Wanita

by
October 30th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Kemandulan bisa terjadi karena faktor genetik yang kemungkinan sulit dicegah atau diobati. Namun, faktor eksternal yang menyebabkan kemandulan bisa dicegah. Untuk itu, sebaiknya para wanita mengetahui penyebab kemandulan secara eksternal agar kemandulan bisa dicegah.

Pria dan wanita bisa saja mandul dan diperlukan analisa laboratorium untuk memeriksa kondisi kedua pihak. Perlu Anda ketahui bahwa lingkungan tempat tinggal memiliki dampak besar terhadap tingkat kesuburan. Lingkungan yang sehat tentunya akan menciptakan kesehatan reproduksi yang sehat pula.

Mengetahui faktor apa saja yang dapat membahayakan kesuburan dan melakukan tindakan untuk menghindari faktor penyebab tersebut merupakan cara terbaik mencegah kemadulan. Untuk mencegah mengalami kemandulan pada wanita, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Mengubah gaya hidup menjadi positif

Gaya hidup yang buruk, seperti merokok, meminum minuman beralkohol, selalu stres, dan kurang beristirahat bisa menyebabkan meningkatkan potensi kemandulan pada wanita. Tingkat stres yang tinggi dan kurang tidur secara konsisten juga bisa meningkatkan potensi Anda mengalami kemandulan. Jika Anda ingin kesuburan meningkat, maka ubahlah gaya hidup tersebut.

2. Cek kondisi lingkungan sekitar

Tinggal atau bekerja di sekitar pabrik yang mengolah bahan kimia tertentu berisiko menyebabkan Anda mengalami mandul. Bila Anda bekerja di pabrik yang megolah bahan kimia dan memungkinkan menghirupnya setiap hari, maka hal tersebut harus dipikirkan kembali agar tingkat reproduksi normal.

3. Menjaga berat badan dan melakukan diet

Menghindari berat badan berlebih merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah kemandulan. Obesitas diketahui sebagai salah satu penyebab infertilitas pada pria. Pada pria, obesitas akan menurunkan jumlah sperma, sedangkan pada wanita membuat pembuahan terlambat. Untuk menjaga berat badan, sebaiknya Anda rajin berolahraga. Selain itu, jaga asupan pola makan Anda juga dengan mengonsumsi sayur, buah, karbohidrat, dan vitamin yang cukup agar mudah memperoleh keturunan.

4. Cek Kesehatan Anda secara periodik

Diagnosis penyakit awal, seperti radang panggul, endometriosis, dan kanker leher rahim bisa mencegah kemandulan. Selain itu, dengan melakukan tindakan deteksi dan pengobatan terhadap penyakit menular seksual yang mungkin diderita dapat membantu menjaga tingkat kesuburan Anda.  Untuk itu, Anda harus mengecek kesehatan Anda secara periodik yaitu satu tahun sekali.

5. Pelajari tubuh dan siklus reproduksi Anda

Dengan memahami tubuh dengan benar, Anda akan tahu apa saja yang mungkin salah dan sedang terjadi dalam tubuh. Anda perlu mempelajari literatur mengenai kesehatan reproduksi dan panduan-panduan agar cepat memperoleh keturunan. Pemahaman yang baik akan memberi Anda cara pandang yang benar terhadap proses reproduksi dan kemandulan.

Selain melakukan 5 cara di atas agar tidak mengalami kemandulan, Anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang bisa menyebabkan kemandulan. Untuk itu, terapkanlah berbagai cara tersebut agar Anda bisa memperoleh keturunan dan tidak mengecewakan suami nantinya. (NR)

Comment di sini