CiriCara: Cara Mencegah Tumbuhnya Uban di Rambut

CiriCara.com – Rambut putih atau uban yang tumbuh sebelum waaktunya terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Datangnya uban terkadang menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, terlebih kaum perempuan. Pasalnya, uban identik dengan usia tua dan bisa merusak penampilan.

Rambut beruban dikarenakan sel-sel di folikel rambut yang disebut sebagai “melanosit” berhenti memproduksi pigmen paling utama yang dikenal sebagai melanin. Folikel yang kehilangan semua pigmen akhirnya akan membuat rambut benar-benar putih. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya tumbuhnya uban di rambut bisa dicegah. Bagaimana cara mencegah rambut agar tidak beruban pada usia muda? Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Bersikap santai

Santai merupakan salah satu kunci mencegah datangnya uban sebelum waktunya. Jika Anda tegang dan stres, maka hormon tubuh akan terganggu. Stres juga akan mengganggu hormon yang mengatur pertumbuhan rambut dan menyebabkan uban prematur datang.

2. Jangan merokok

Merokok merupakan biang keladi munculnya berbagai penyakit dan penuaan dini. Racun yang ada di dalam rokok bisa merusak berbagai fungsi tubuh, termasuk juga rambut.

3. Meminum air putih yang cukup

Dehidrasi akibat kurang minum membuat nutrisi yang ada pada makanan tak dapat disampaikan ke berbagai bagian tubuh, termasuk ke folikel rambut. Kurang meminum air putih per harinya bisa membuat pertumbuhan rambut terganggu. Untuk itu, Anda harus cukup meminum air putih yaitu 2 liter per hari agar tubuh dan rambut tetap sehat.

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B 12 dan Omega-3

Kekurangan vitamin B 12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan B 12, seperti telur, keju, daging sapi, pisang, ikan, dagin domba, dan unggas. Selain itu, Anda jiga harus memperbanyak makan makanan yang mengandung tembaga, seperti kepiting, tiram, dan kacang almond.

5. Cukup tidur

Tubuh akan memperbaiki berbagai sel yang rusak pada saat tidur. Jika kurang tidur, maka sel-sel tubuh akan kekurangan waktu untuk meregenerasi sel tubuhnya dan menyebabkan tumbuhnya uban di rambut Anda.

6. Jangan mencabuti uban

Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut menghiasi rambutnya. Padahal, Anda tidak dianjurkan untuk mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan dan mengganggu saraf yang mengatur dan memproduksi warna rambut.

7. Tingkatkan sirkulasi darah

Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral apabila semua itu tidak dapat mencapai ke kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran darah, Anda harus berolahraga secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemijatan ke kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

Itulah cara tepat mencegah tumbuhnya uban di rambut. Uban yang tubuh di rambut tentunya akan membuat penampilan menjadi tak percaya diri. Agar uban tidak tumbuh pada usia dini, sebaiknya terapkan 7 cara di atas. (NR)


comments powered by Disqus