CiriCara: Cara Mudah Atasi Sakit Tenggorokan

by
October 30th, 2012 at 4:00 pm

CiriCara.com – Sakit tenggorokan terkadang menyebabkan nyeri telan sehingga makan dan minum terasa tidak nyaman. Meskipun penyakit ini seringkali mengindikasikan adanya penyakit lain, seperti flu, demam, radang amandel, atau pembengkakan kelenjar, namun Anda tidak harus langsung mengonsumsi obat-obatan.

Obat-obatan seperti antiinflamasi atau antiradang memang ampuh meredakan sakit tenggorokan. Tetapi, obat tersebut memiliki efek samping. Ada beberapa cara yang lebih aman untuk mengatasi sakit tenggorokan tersebut. Dilansir Foxnews.com, inilah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan:

1. Kumur air garam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kumur dengan air hangat dan mengandung garam bisa mengurangi pembengkakan sekaligus meluruhkan lendir di tenggorokan. Caranya cukup mudah yaitu dengan melarutkan garam setengah sendok teh ke dalam secangkir air hangat, lalu berkumur-kumur kurang lebih selama 1 menit.

2. Hisap permen pelega tenggorokan

Permen lozenges atau permen pelega tenggorokan yang mengandung menthol cukup efektif melegakan tenggorokan yang sakit, apalagi hanya sekedar gatal. Permen ini tidak benar-benar menyembuhkan, tapi setidaknya bisa mengurangi gejala yang sangat mengganggu aktivitas Anda.

3. Meminum teh

Secangkir teh mampu memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga sangat membantu meredakan infeksi. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, Anda bisa menambahkan setengah sendok madu yang juga bersifat antiseptik.

4. Makan sup ayam

Kuah sup ayam ini juga mengandung garam yang bisa melegakan tenggorokan Anda. Sup ayam ini bisa langsung Anda telan sekaligus sebagai suplai nutrisi. Sakit tenggorokan biasanya disertai nyeri untuk menelan makanan padat, sehingga sup ayam bisa membantu menjaga asupan nutrisi.

5. Kunyah marshmallow

Untuk melegakan tenggorokan, sebenarnya yang dipakai adalah getah tanaman marshmallow, bukan marshmallow buatan yang dikenal saat ini. Akan tetapi, tekstur lembut yang dimiliki marshmallow buatan juga bisa memberikan efek serupa meski belum banyak bukti ilmiah yang mendukungnya.

6. Istirahat

Istirahat yang cukup memang sangat Anda butuhkan untuk memerangi infeksi penyebab nyeri di tenggorokan. Virus yang menyebabkan sakit tenggorokan tersebut bisa hilang dengan sendirinya asalkan Anda mengistirahatkan tubuh.

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan jika sedang sakit tenggorkan. Bagaimanapun juga sakit tenggorokan harus segera diatasi agar rasa sakitnya tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya, seperti sakit kepala, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. (NR)

Comment di sini