Daftar Badai Paling Mematikan di Amerika Serikat

by
October 30th, 2012 at 5:08 pm

CiriCara.com – Kematian yang timbul karena badai topan sering disebabkan oleh gelombang air akibat badai dan banjir ketimbang angin yang dibawa si badai. Kedua hal inilah yang sering merenggut nyawa warga Amerika Serikat saat badai datang.

Berikut daftar badai paling mematikan di Amerika Serikut seperti ditulis oleh Geology.com:

1. Badai Topan Galveston Tahun 1900

Badi topan yang menyerang kota Galveston pada tahun 1900 dianggap sebagai badai paling mematikan yang pernah menyerang Amerika Serikat. Korban yang tewas akibat badai ini sekitar 8.000 hingga 12.000 orang.

Badai yang masuk dalam kategori 4 ini menyerang pantai selatan Texas pada tanggal 8 September dengan gelombang air akibat badai setinggi 8 hingga 15 kaki. Karena kurangnya peringatan dini dan tingginya gelombang, jumlah korban tewas yang mencapai ribuan pun tak terelakan lagi.

2. Badai Topan Danau Okeechobee

Badai topan paling mematikan berikutnya terjadi pada tahun 1928 di area sekitar Danau Okeechobee. Danau ini menewaskan 2.500 hingga 3.000 jiwa. Kematian akibat badai topan ini disebabkan oleh gelombang air danau setinggi 6 hingga 9 kaki akibat badai yang melintas. Warga sekitar danau menjadi korban keganasan badai topan ini dan kebanyakan dari mereka adalah pekerja kulit hitam.

3. Badai Topan Katrina

Dampak yang diakibatkan badai topan yang satu ini masih melekat bagi sebagian besar warga Amerika Serikat. Badai topan Katrina terjadi pada tahun 2005 dan menewaskan sekitar 1.500 orang. Katrina mendarat di tiga lokasi berbeda. Pertama, badai ini mendatangi area Miami-Dade/Broward di Florida dan menimbulkan hujan dengan kisaran 10 hingga 14 inci.

Setelah itu badai Katrina melintasi Teluk Mexico dan mendarat di Buras, Louisiana sebelum mendarat di tempat lain dekat perbatasan Louisiana/Mississippi. Badai Katrina dikategorikan sebagai badai kategori 3.

Gelombang air yang diakibatkan badai ini setinggi 25 hingga 28 kaki di sepanjang pantai Mississippi. Katrina juga sempat menimbulkan hujan dengan kisaran 8 hingga 12 inci di utara Gulf Coast dan memicu 33 tornado.

Ketiga badai tersebut telah memorakporandakan sebagian besar wilayah Amerika Serikat, dan saat ini Amerika sedang was-was menghadapi badai topan Sandy yang datang dengan kekuatan lebih besar. Dampak awal topan Sandy ini dirasakan oleh warga kota New York. Sebagian besar penghuni kota itu telah dievakuasi untuk menghindari dampak lebih parah. (RN)

Geology

Comment di sini