Dahlan Iskan Punya Daftar 10 Orang Anggota DPR Pemeras BUMN

by
October 30th, 2012 at 3:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Dahlan Iskan menggoyang Senayan dengan mengatakan ada setidaknya 10 oknum anggota DPR RI yang diduga meminta upeti ke BUMN.

“Saya punya `list`-nya. Tidak sampai 15, namun sekitar 10 orang saja,” ungkap Dahlan seperti dikutip Republika.co.id setelah ia selesai mengikuti rapat pimpinan di Kantor PT Permodalan Nasional Madani Persero, Jakarta, pada hari Selasa (30/10).

Pernyataan ini sekaligus menyangkal kabar yang mengatakan ada 18 anggota DPR yang diduga sering meminta dana pelicin ke BUMN.

Dahlan menyebut-nyebut soal “industri kebohongan” yang menurutnya terus berkembang akhir-akhir ini. Tetapi Dahlan menegaskan bahwa BUMN yang ia pimpin bukanlah bagian dari industri tersebut karena badan usaha tersebut tidak pernah melakukan tindakan yang melakukan kebohongan.

Sebelumnya, beredar pesan singkat yang berisi 18 inisial nama anggota DPR yang diduga meminta uperi dari BUMN. Namun Dahlan menyatakan ia tidak akan mencari tahu siapa penyebar pesan singkat itu.

“Masa begitu perlu ditanggapi. Tidak mungkinlah BUMN menyebarkan hal itu. BUMN kan bukan bagian dari `industri kebohongan`,” kata Dahlan menyinggung soal beredarnya kabar bahwa ada 18 anggota DPR penerima upeti.

Dahlan Iskan kini didesak untuk membuka nama-nama anggota DPR yang sering meminta jatah ke BUMN setelah surat edaran dari Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam kepada jajaran menteri di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebarkan.

Surat edaran tersebut berisi tentang pencegahan praktik transaksi bawah meja dalam mengelola uang negara agar anggaran belanja negara untuk tahun 2013-2014 tetap aman.

Dalam surat itu, Dipo Alam menjelaskan besaran APBN dari 2005 sampai menjelang 2013 terus naik secara persentasi dan formal. Surat bernomor 542/Seskab/IX/2012 itu ditembuskan kepada Presiden, Wakil Presiden, Kepala UKP4, serta Mendagri.

(hp)

Comment di sini