Foto: 10 Badai Topan Paling Mengerikan di Amerika Serikat

by
October 30th, 2012 at 4:33 pm

CiriCara.comBadai topan Sandy sedang mengancam negeri Adi Kuasa, Amerika Serikat, saat ini. Namun bukan sekali ini saja Amerika pernah dihantam badai besar. Sejak ribuan tahun lalu, kondisi geografis Amerika menyebabkan negara berpenduduk ketiga terbesar di dunia ini sering dilewati badai topan berkekuatan dahsyat.

Berikut adalah daftar 10 badai paling mengerikan di Amerika Serikat menurut Smitsonianmag.com yang diurutkan berdasarkan kerugian material dan jumlah korban jiwa dari urutan terendah hingga urutan teratas:

10. Badai Topan Camille

Cove Bear

Badai topan Camille menyerang wilayah Mississippi Gulf Coast pada tahun 1969. Badai ini masuk dalam kategori 5 namun kerugian yang ditimbulkan karena badai ini hampir mencapai USD 1,4 miliar waktu itu. Bila ditaksir pada zaman sekarang, kerugian bisa mencapai USD 21,1 miliar.

Pelajaran yang didapat Amerika Serikat paskabadai ini adalah diterapkannya Saffir-Simpson Hurricane Wind Scale, sebuah alat pendeteksi angin topan. Alat ini ditemukan karena warga mengeluhkan kekurangan sistem peringatan dini yang membuat mereka tidak siap saat bencana datang.

9. Badai Topan Donna

Flickr

Badai topan Donna menghantam Florida Keys, sebuah kepulauan terumbu karang milik negara bagian Florida. Badai ini memicu gelombang laut setinggi 13 kaki. Donna memecahkan rekor sebagai angin topan yang berlangsung selama 17 hari.

8. Badai Topan Danau Okeechobee

Historic Palm Beach

Badai topan paling berbahaya di Amerika Serikat selanjutnya adalah badai topan Danau Okeechobee yang terjadi pada tahun 1928. Badai ini merenggut nyawa 4.078 penduduk yang berada di selatan Florida. Badai ini disebut sebagai badai paling mematikan kedua di sepanjang sejarah Amerika.

StoryMaps memberitakan bahwa saat badai topan terjadi, air di dalam danau terdorong ke wilayah selatan dan menjebol tanggul-tanggul yang belum selesai dibuat. Banjir bandang lalu menyerbu area pertanian dan menenggelamkan ribuan orang pekerja Afro-Amerika. Ribuan mayat mereka kemudian tenggelam di rawa-rawa dan tidak pernah ditemukan hingga sekarang.

7. Badai Topan Kuba-Florida

Badai topan Kuba-Florida terjadi pada tahun 1944 saat Perang Dunia II masih berlangsung. Untungnya, proliferasi dari personel penjaga pantai, angkatan laut, dan angkatan perang sudah terlatih untuk usaha penyelamatan yang efisien dan teratur hingga jumlah korban kematian bisa dikurangi.

Namun, sekitar 300 orang di utara Kuba kehilangan nyawa mereka. Setelah badai itu, pelabuhan di Havana, Cuba dipenuhi dengan kapal-kapal yang terdampar dan tenggelam.

6. Badai Topan Great New England

Badai ini terjadi pada tahun 1938 dan menyapu wilayah Long Island dan Connecticut. Parahnya, tidak ada peringatan mengenai ombak yang memicu gelombang setinggi 12 hingga 25 kaki di selatan New England. Karena serangan mendadak ini, terjadi 600 hingga 800 kerusakan dan kerugian yang ditaksir bernilai sekitar  USD 300 juta pada saat itu atau USD 39 miliar di zaman sekarang.

Badai topan Great New England ini diklasifikasikan sebagai badai kategori 2.

5. Badai Topan Andrew

Badai topan Andrew menyerang Dale County di Florida pada tahun 1992. Badai topan ini masuk dalam kategori 5 dan disebut sebagai salah satu badai topan dengan kerugian terbanyak. Kerugian finansial yang ditimbulkan badai ini sekitar USD 26.5 miliar.

4. Badai Topan Galveston Tahun 1915

Fox News

Badai topan yang satu ini menimpa kota Galveston di negara bagian Texas. Setelah badai yang sama terjadi pada tahun 1900, pemerintah kota Galveston membangun tembok pembatas laut yang telah berhasil melindungi kota dari gelombang setinggi 21 kaki.

 3. Badai Topan Galveston Tahun 1900

Badai topan yang menimpa kota Galveston, Texas pada tahun 1900 adalah salah satu bencana alam terbesar yang pernah menimpa Amerika Serikat. Badai ini menewaskan 8.000 hingga 12.000 orang, menghancurkan 3.600 bangunan, dan menimbulkan kerugian lebih dari USD 20 miliar.

2. Badai Topan Katrina

Badai topan Katrina disebut-sebut sebagai badai topan paling dahsyat setelah menghantam area Gulf Coast di Mississippi dan Louisiana pada tahun 2005. Akibat badai ini sekitar 1.029 orang tewas dan kerugian yang ditimbulkan sebesar USD 81 miliar.

1. Badai Topan Great Miami

Dan inilah badai topan terbesar yang menimpa Amerika, badai topan Great Miami yang masuk dalam kategori 4. Pada tahun 1926, badai topan ini menimbulkan kerugian sekitar USD 105 juta pada saat itu atau USD 178 miliar pada saat ini. Kerugian yang ditimbulkan dua kali lebih banyak dari badai topan Katrina pada tahun 2005 lalu.

Itulah kesepuluh badai paling berbahaya di Amerika Serikat. Dan saat ini, Amerika tengah berjuang dalam menghadapi badai topan Sandy yang disebut-sebut mempunyai dampak dan kekuatan lebih besar dari badai topan sebelumnya sepanjang riwayat Amerika Serikat.

(RN)

Smithsonian

Comment di sini