Foto: Fungsi Lain dari Sumpit di China

by
October 30th, 2012 at 5:09 pm

CiriCara.comChina merupakan salah satu negara Asia yang terkenal dengan ciri khas makan menggunakan sumpit. Sayangnya, sumpit tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk menyantap makanan, tetapi juga digunakan sebagai alat bantu untuk mencopet.

Banyak kasus pencopetan dengan menggunakan sumpit yang terjadi di wilayah China. Para pencopet selalu memantau keadaan di jalan-jalan yang ramai dikunjungi orang, khususnya pusat perbelanjaan. Incaran para pencopet ini adalah kantong baju ataupun celana, dan tas para pejalan kaki.

Alih-alih menggunakan sumpit sebagaimana seharusnya, para pencopet itu malah menggunakannya untuk mencuri.

Berikut ini beberapa foto yang menangkap aksi para pencopet yang menggunakan sumpit.

Youtube/Daily Mail

Youtube/Daily Mail

Youtube/Daily Mail

Lain halnya dengan para polisi wanita/polwan China. Fungsi sumpit bagi para polisi wanita di China berbeda dengan para pencopet tersebut. Apa ya bedanya?

Petugas kepolisian di China terkenal sebagai polisi yang sangat terlatih. Mereka bukan hanya terlatih dalam menangani berbagai tindak kriminal, tapi mereka juga dilatih dengan baik untuk tersenyum.

Cara unik untuk melatih para polisi ini tersenyum, ialah dengan menggunakan sumpit. Para polwan di Dalian, provinsi Liaoning, China ini harus menggit sumpit di antara giginya, dan tersenyum hingga gigi mereka terlihat.

Pelatihan ini disebut sebagai “How to Smile” course. Kabarnya, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyeragamkan keramahan yang harus dilakukan para petugas kepolisian.

Ingin tahu seperti apa pelatihan tersebut? Berikut adalah beberapa foto polwan yang sedang latihan tersenyum dengan sumpit.

Rex Features/Daily Mail

Rex Features/Daily Mail

Itulah fungsi lain dari sumpit yang digunakan secara berbeda oleh para polisi China dan pencopet China. (yk)

Daily Mail