Listrik Padam Akibat Topan Sandy, New York Gelap Gulita

by
October 30th, 2012 at 1:53 pm

New York (CiriCara.com) – Topan Sandy membuat aktivitas di New York, Amerika Serikat lumpuh total. Sejumlah fasilitas umum terpaksa tutup sampai batas waktu yang tidak diketahui. Bahkan, listrik di beberapa wilayah New York pun padam.

Badai yang diiringi dengan hujan deras serta angin kencang itu sampai di pantai New Jersey pada Senin (29/10) waktu setempat atau Selasa (30/10) dinihari WIB. Hal ini dirilis oleh Pusat Badai Nasional Amerika (NHC).

Menurut NHC, Badai Sandy kategori 1 itu telah mengamuk dengan kecepatan angin mendekati 85 mph dan hembusan mencapai 115 mph. Badai ini menerjang beberapa bagian dari New York. Kabar terbaru menyebutkan sudah ada 10 orang telah tewas akibat badai ganas ini.

NHC juga melaporkan cuaca ekstrim tersebut mengakibatkan sebagian besar listrik di kota New York padam. Banjir juga mulai melanda daratan hingga kedalaman sampai beberapa meter di kota besar seperti Manhattan dan Brooklyn.

Walikota Michael Bloomberg memperkirakan kondisi ini akan terus memburuk dalam waktu dekat ini. Ia meminta semua warganya untuk tetap berada di dalam rumah atau mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. “Kondisi di luar berbahaya, dan akan bertambah buruk dalam beberapa jam mendatang,” katanya.

New York City Metropolitan Authority Transportasi (MTA) juga sudah menutup layanan kereta bawah tanah dan bus. Layanan ini akan ditutup sampai batas waktu yang tidak diketahui. “Layanan akan kembali dibuka jika situasi telah aman,” rilis MTA.

Ketua MTA, Joseph Lhota memprediksikan layanan kereta bawah tanah dan bus akan ditutup dalam waktu yang cukup lama. “Setidaknya satu minggu,” ujarnya. Pasalnya MTA akan melakukan perbaikan sebelum membuka kembali layanannya.

(YG)

Comment di sini