Pengamat: Topan Sandy adalah Badai Abad Ini

by
October 30th, 2012 at 1:58 pm

Guardian

New York (CiriCara.com) – Badai topan Sandy yang sedang menghantui Amerika Serikat menurut para pengamat dianggap sebagai peristiwa langka yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Bahkan badai ini dianggap sebagai badai terbesar abad ini.

Antisipasi terhadap bahaya badai topan Sandy ini mengingatkan kita pada film-film dengan tema bencana seperti “The Day After Tomorrow” atau “The Perfect Storm”.  Namun tampaknya warga New York tidak terlalu menggubris hubungan badai Sandy kali ini dengan kedua film blockbuster tersebut.

Dilansir dari ABCnews.com, masih ada sejumlah warga New York yang tidak terpengaruh oleh isu tentang besarnya bahaya badai Sandy.

Alasan yang tetap membuat mereka kukuh dengan pendirian adalah peristiwa topan Irene yang terjadi tahun lalu di wilayah Amerika. Badai topan Irene yang dianggap sangat kuat ternyata tidak menimbulkan kerusakan parah terhadap area yang dilewatinya.

Sebuah keluarga yang bermukim di salah satu area kota New York bahkan mengabaikan peringatan untuk segera mengevakuasi diri.

“Angin topan kali ini mungkin kuat dan berisik namun saya pikir angin topan tersebut akan seburuk yang mereka prediksikan,” komentar seorang warga yang tinggal di Battery Park City.

Anggapan ini menjadi masalah pelik bagi Gubernur Negara Bagian New York, Andrew Cuomo.

“Ini bukanlah waktu untuk mengambil resiko,” ujar Cuomo pada sebuah konferensi pers di hari Minggu, 29 Oktober 2012, waktu setempat. “Apapun jenisnya, dampak badai ini sangat serius dan tidak ada yang bisa diremehkan.”

Sebagian orang mungkin mengacuhkan ramalan para pengamat cuaca namun kali ini perkiraan mereka diprediksi benar. Film Hollywood seperti “The Perfect Storm” bahkan diangkat dari kisah bencana badai nyata yang menimbulkan korban jiwa.

Bebearapa tahun silam saat badai Katrina terjadi, ribuan orang telah mengacuhkan peringatan pemerintah dan akibatnya mereka menjadi korban. Badai Katrina menghancurkan Gulf Coast pada tahun 2005 dan menjadi salah satu dari lima badai paling mematikan di sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Hingga saat ini, sekitar 375.000 warga kota New York yang tinggal di daerah dataran rendah telah dievakuasi. Wali Kota New York, Michael Bloomberg menyatakan bahwa dampak badai topan Sandy kali ini akan sangat berbahaya jika penduduk tetap mengabaikan peringatan pemerintah.

“Jika Anda menolak untuk dievakusai, Anda tidak hanya membahayakan diri Anda sendiri namun juga para penyelamat yang akan menyelamatkan Anda,” kata Bloomberg di sebuah konferensi pers. (RN)

ABC News

Comment di sini