Topan Sandy, Ratusan Pasien RS di New York Diungsikan

by
October 30th, 2012 at 3:13 pm

New York (CiriCara.com) – Listrik di kota New York mendadak padam akibat terjangan topan Sandy pada Senin (29/10) waktu setempat atau Selasa dinihari WIB. Akibatnya, ratusan pasien di sebuah rumah sakit di New York harus dievakuasi.

Puluhan mobil ambulans terlihat berbaris di sekeliling Rumah Sakit Tisch Universitas New York (NYC). Para dokter dan perawat berhamburan keluar rumah sakit dan membawa pasien untuk segera diungsikan. Pasalnya, generator cadangan tidak bisa berfungsi.

Menurut Dekan Medis NYU Robert Grossman kepada WCBS-TV, evakuasi diutamakan untuk pasien yang sakit paling parah. Setelah itu evakuasi pasien anak-anak, termasuk 20 bayi dari ruang neonatal intensive care.

Menurut Grossman, pihak rumah sakit sempat mengalami kesulitan karena terjadi pemadaman listrik. Pasalnya, lift yang ada tidak bisa digunakan sehingga pasien yang berada di lantai atas harus turun dengan perlahan dan digendong melalui tangga.

“Kami selalu melakukan simulasi kondisi seperti ini. Tapi yang ini bukan latihan. Ini kejadian yang sebenarnya,” ucap Grossman saat diwawancara, Senin (29/10) waktu Amerika Serikat.

Para perawat menggunakan respirator yang masih berfungsi untuk mengevakuasi pasiennya. Semua pasien langsung dibawa ke mobil ambulans untuk diungsikan ke rumah sakit lain, termasuk di Mount Sinai dan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.

Menurut petugas, sebagian besar pemadaman listrik terjadi di Lower Manhattan, di mana RS Tisch Universitas New York (NYU) berlokasi. Pemadaman terjadi akibat gardu listrik meledak saat diterjang badai besar Sandy.

(YG)

Comment di sini