Update Terkini: Keganasan Angin Topan Sandy di Amerika Serikat

by
October 30th, 2012 at 2:14 pm

CiriCara.com – Badai maha dahyat Sandy tiba di garis pantai New Jersey dengan kecepatan angin mencapai 80 mph pada Senin (29/10) malam.

Dalam hitungan jam, angin topan Sandy menyerang New York, mematikan sumber listrik dan melumpuhkan transportasi di kota ini. Setidaknya ada 10 orang yang dilaporkan tewas saat bencana angin topan melanda, kebanyakan karena kecelakaan akibat panik saat mencoba menyelamatkan diri.

Menurut pemberitaan HuffingtonPost.com, jutaan warga terancam kehilangan tempat tinggal karena badai Sandy yang kian mengganas. Sementara itu, kota Manhattan gelap gulita karena listrik padam dan air terus datang menghunjam.

Angin topan Sandy mendarat pertama kali di Amerika Serikat di kawasan timur laut seperti Washington, Baltimore, Philadelphia, New York, dan Boston. Pada sekitar pukul 20.00 waktu setempat, Sandy tiba di Atlantic City dan menenggelamkan sebagian besar jalan.

Menurut pihak berwenang, banjir di kawasan selatan Manhattan mencapai 13 kaki. Saat ini Sandy masih menggoncang Amerika Serikat sehingga dikhawatirkan proses pemilihan presiden yang sedianya akan digelar bulan November ini akan terganggu.

Stasiun kereta api bawah tanah di New York tak bisa diakses karena terbenam air. Juru bicara Metro Transit Authority memperkirakan stasiun bisa berfungsi kembali dalam waktu 4 hari ke depan.

Kepala MTA Joseph Lhota mengatakan lewat pernyataannya, bahwa sistem kereta api bawah tanah New York telah berdiri selama 108 tahun, namun baru kali ini mengalami bencana dahsyat seperti ini.  Sejak Senin (29/10) malam, sudah ada 7 terowongan di East River yang terbenam. Satu demi satu stasiun gelap gulita karena listrik yang padam.

Sejumlah gedung pun runtuh karena konstruksinya diterjang air bah. Berikut adalah video hancurnya sebuah gedung di New York yang berhasil diabadikan oleh seorang warga Australia bernama Kristi Maroc.

Kini, sebanyak 7,1 juta orang berdiam tanpa listrik seperti diberitakan oleh NBCNews.com. Selain itu, sejumlah rumah dikabarkan terbakar. Bandara John F. Kennedy dan La Guardia pun harus ditutup sehingga kurang lebih 13.000 penerbangan dibatalkan pada hari Senin. Sedangkan pada hari Selasa (30/10), sebanyak 3.500 penerbangan sudah dinyatakan batal.

Angin topan Sandy yang terjadi menjelang tutup tahun 2012 ini disebut sebagai badai terganas abad ini di Amerika Serikat. Media massa di Negeri Paman Sam masih berlomba-lomba memberitakan kabar terbaru soal bencana dahsyat ini.

Pasar saham di seluruh kawasan Amerika Serikat ditutup pada Senin dan Selasa dan dua calon presiden AS untuk periode 2012-2016 terpaksa membatalkan jadwal kampanyenya. Sejumlah kalangan menilai badai ini akan berpengaruh besar terhadap hasil pemilu yang akan dilangsungkan pada 6 November 2012.

Di New Jersey, semua sekolah dan gedung pemerintahan tutup. Sejumlah kasino dan pusat hiburan pun turut tutup karena khawatir akan bencana yang lebih besar. Warga setempat sudah diperingatkan untuk meninggalkan tempat tinggal mereka agar selamat dari terjangan badai Sandi. National Weather Service sudah merilis pernyataan resmi, “Jika kalian engan untuk mengevakuasi diri sendiri, pikirkanlah tentang mereka yang kalian cintai… pikirkan tentang tim penyelamat/pengevakuasi yang akan menyelamatkanmu jika kamu terluka atau mengevakuasi mayatmu bila kamu tak selamat”.

Meskipun kerugian masih belum bisa dipastikan, diperkirakan pemerintah harus menanggung sekitar 10-20 milyar dollar Amerika Serikat karena kerusakan yang ditimbulkan oleh badai Sandy. Berita terbaru menyatakan 16 orang dilaporkan tewas di New Jersey, New York, Maryland, North Carolina, West Virginia, Pennsylvania, dan Connecticut. Selain karena kecelakaan, sejumlah orang meninggal karena tertimpa pohon tumbang.

Dengan kerugian mencapai 10-20 milyar dolar Amerika dan korban yang terus bertambah, badai Sandy bisa dibilang badai terparah di sepanjang riwayat Amerika Serikat.

(hp)

Comment di sini