Akibat Topan Sandy New York Lumpuh Total

by
October 30th, 2012 at 11:42 am

Dawn

New York (CiriCara.com)Topan Sandy bak raksasa menakutkan sedang menghancurkan apapun yang ada di depannya. Salah satu kota terbesar di dunia, New York juga tidak tertinggal dari keganasan topan Sandy. Badai topan Sandy ini diperkirakan akan menjadi badai topan yg terganas yang pernah melanda Amerika Serikat sehingga mendapat julukan “Storm of The Century”

Estimasi kerugian dari Topan Sandy adalah $60 billion atau sekitar 600 Trilliun rupiah. Lebih dari 60 juta jiwa manusia yang ada di bagian pesisir timur utara Negara Amerika Serikat akan terganggu oleh bencana ini.

Hampir seluruh aktivitas di kota ini dihentikan. Dan akibatnya, kota New York yang hingar bingar selama 24 jam penuh, kini berubah sepi layaknya kota mati.

Michael Bloomberg selaku Wali Kota New York City telah memerintahkan agar sistem transportasi termasuk subway dan bis dihentikan dengan maksud untuk menghindari dampak banjir dan angin kencang karena badai topan Sandy. Terowongan dan jembatan pun dilarang untuk dilalui mobil.

Ribuan penerbangan dari dan ke bandara-bandara yang berada di pantai timur Amerika Serikat juga dibatalkan hingga Rabu, 31 Oktober 2012 waktu setempat. Bloomberg juga menyarankan agar segenap warga kotanya mengevakuasi diri agar terhindar dari bahaya.

“Jika Anda tidak mengevakuasi, Anda tidak hanya membuat diri Anda dalam bahaya. Anda juga membahayakan orang yang mungkin nantinya bakal menolong Anda,” kata Bloomberg kepada AFP pada hari Selasa, 30 Oktober 2012.

Karena peringatan inilah, New York kehilangan para pejalan kaki yang biasanya memadati setiap sudut kota. Bahkan pusat keramaian seperti Grand Central Terminal berubah menjadi lengang. New York City Subway, jaringan kereta bawah tanah New York juga sepi pengunjung.

Yang menjadi pemandangan umum di kota New York saat ini adalah tumpukan karung-karung pasir di sejumlah gedung dan pertokoan untuk menghindari masuknya air ketika banjir datang.

Badai topan Sandy diperkirakan akan memiliki kekuatan dahsyat karena bertemu dengan badai musim dingin dari bagian barat Amerika Serikat. Kekuatan ini akan menciptakan badai dahsyat yang disebut sebagai Frankenstorm karena badai terjadi menjelang perayaan Halloween.

Frankenstorm yang terbentuk dari gabungan topan Sandy dan badai musim dingin ini akan sangat mematikan dan mengancam 60 juta jiwa penduduk Amerika Serikat. Topan Sandy akan tiba di wilayah New Jersey dan Delaware untuk pertama kalinya pada Senin, 29 Oktober 2012 waktu setempat.

Dampak yang diakibatkan topan Sandy sangat besar. Ketika melintasi Kepulauan Karibia, topan Sandy telah menewaskan sebanyak 66 orang karena tertimpa bangunan yang ambruk dan hanyut terbawa banjir. (RN)

Comment di sini