6,9 Juta Warga Amerika Hidup Tanpa Listrik Akibat Sandy

by
October 31st, 2012 at 1:55 pm

Allison Joyce/Getty Images

New York (CiriCara.com) – Badai topan Sandy memang mengakibatkan dampak yang sangat besar bagi warga Amerika Serikat. Aliran listrik pun ikut terputus akibat terjangan badai dahsyat ini.

Diberitakan oleh AFP melalui Detik.com, Rabu, 31 Oktober 2012, kini 6,9 juta jiwa penduduk Amerika yang tersebar di 15 negara bagian dan District of Columbia tengah hidup tanpa listrik. Belum diketahui kapan listrik akan kembali menyala.

Ribuan orang warga Amerika kini masih berada di tempat-tempat pengungsian. Mereka telah berada di tempat itu sebelum badai topan Sandy tiba. Kondisi rumah yang mereka tinggalkan belum diketahui keadaannya hingga saat ini.

Akibat badai topan Sandy, 43 orang diberitakan telah tewas di wilayah pantai timur Amerika Serikat. Jumlah korban tewas terbanyak ada di negara bagian New York sejumlah 23 orang sementara di kota New York City sendiri, telah ditemukan 18 orang tewas.

Transportasi dari dan menuju kota New York pun tersendat. Bandara-bandara di area ini ditutup sejak Minggu, 28 Oktober 2012 hingga Rabu, 31 Oktober 2012. Sekitar 15 ribu penerbangan di Amerika Serikat dibatalkan baik penerbangan domestik dan internasional.

Ketika melintasi Kepulauan Karibia, badai topan ini telah menewaskan sebanyak 66 orang yang tersebar di wilayah Kuba dan Haiti. Korban tewas karena tertimpa bangunan yang ambruk diterjang badai. Ratusan rumah dan lahan-lahan lain terendam banjir dari air yang dibawa oleh badai.

Walau dianggap mempunyai kekuatan yang sangat besar namun jumlah total kerugian dan korban jiwa yang ditimbulkan oleh badai topan Sandy  masih lebih kecil dibanding badai Katrina tujuh tahun lalu. (RN)

Comment di sini