Akibat Topan Sandy, AS Diprediksi ‘Rogoh’ Rp 135 Triliun

by
October 31st, 2012 at 12:05 pm

Washington (CiriCara.com) – Topan Sandy yang melanda pesisir timur Amerika Serikat (AS) kini meninggalkan kerusakan yang cukup parah. Ratusan rumah serta sejumlah fasilitas umum rusak dan tergenang air banjir akibat Sandy, Senin (29/10).

Seperti dikutip AFP, Rabu (31/10/2012), perusahaan penghitung kerugian bencana, AIR Worldwide memprediksikan biaya asuransi yang harus dikeluarkan Amerika mencapai US$ 7-15 miliar atau sekitar Rp 63-135 triliun. Pasalnya, topan Sandy telah memporak porandakan New York dan sejumlah wilayah lain.

AIR menjelaskan, biaya tersebut dilihat dari besarnya badai yang melanda Amerika pada Senin (29/10) lalu. Ditambah lagi rusaknya infrastruktur dan jaringan listrik juga akan membuat biaya asuransi semakin membengkak.

Menurut AIR, angin topan dan badai tersebut juga kemungkinan telah merusak beberapa properti yang sudah diasuransikan oleh sejumlah warga Amerika. Seperti, mobil, perumahan, bangunan komersial, dan industri. Hal ini tentu akan menambah jumlah biaya asuransi yang perlu dikeluarkan.

Pengamat menilai, topan Sandy telah melanda area seluas 1.530 km dan terus meluas hingga 280 km dari pusat topannya. Sehingga sejumlah wilayah termasuk perkotaan pun menjadi sasaran amukan topan Sandy yang terus membesar. Besarnya angin serta derasnya guyuran hujan yang dibawa topan Sandy mampu meratakan wilayah yang dilintasinya.

“Diameter Sandy menjadikannya topan terbesar yang pernah ada di Samudera Atlantik dalam kategori badai tropis,” katanya.

Jika melihat dari foto keganasan topan Sandy, bisa dipastikan sejumlah wilayah Amerika membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk proses perbaikan. Mampukah, Presiden Barack Obama mengatasi krisis akibat topan Sandy ini?

(YG)

Comment di sini