Aplikasi Windows 8 dan iOS Dapat Dibeli Dengan Mata Uang Rupiah

by
October 31st, 2012 at 10:55 am

CiriCara.com - Setelah kabar hangat peluncuran Windows 8 menyeruak di seantero penjuru dunia termasuk Indonesia, sekarang berita-berita mengenai Windows 8 didominasi dengan berita seputar tips dan trik proses penginstalan Windows 8 di komputer atau tablet serta bagaimana mekanisme proses pengunduhannya.

Seolah tidak mau ketinggalan juga, berita seputar Windows Store yang diluncurkan bersamaan dengan Windows 8 pun juga banyak diperbincangkan. Microsoft meluncurkan toko aplikasi Windows Store, sebagai tempat di mana para pengguna setia Windows 8 bisa mengakses dan memperoleh aplikasi-aplikasi yang didesain khusus untuk sistem operasi terbaru Microsoft ini.

Dan ternyata aplikasi-aplikasi yang berada pada toko online Windows Store tersebut bisa dibeli menggunakan mata uang Rupiah. Penuturan rumor ini dibenarkan oleh Lucky Gani selaku Business Group Leader Windows Microsoft Indonesia.

Ia membenarkan bahwa proses pengunduhan dan  pembelian aplikasi yang berada di toko online Windows Store tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang Rupiah. Anda cukup  mengganti setting region di bagian menu ke ‘Indonesia’, dan pada saat itulah harga aplikasi tertera dalam mata uang rupiah.

Menurut pengamatan setelah proses peluncuran Windows 8 tersebut, aplikasi yang ada pada  Windows Store tersebut sudah mencapai 7.873 buah. Jumlah ini berbeda-beda sesuai dengan negara atau regional dari setiap negara yang ada. Jumlah ini juga tergantung pada pengembangan dari tiap pengembang lokal yang ada pada setiap region atau negara.

Perlu diketahui juga bahwa Windows Store tersebut hanya bisa diakses oleh komputer dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows RT yang merupakan varian Windows 8 untuk Tablet ARM.

Serasa tidak mau ketinggalan dengan para kompetitornya, Apple sebagai pemilik App Store juga menawarkan harga aplikasi berbayar denga mata uang Rupiah. Pihak Apple memulai pemberlakuan mata uang Rupiah dalam proses pembelian aplikasi berbayar ini tertanggal 26.10.2012 waktu Indonesia.

Ini berbeda sekali denga kenyataan yang terjadi sebelum tanggal pemberlakuan tersebut, dimana pengguna Apple yang berasal dari Indonesia harus membeli aplikasi berbayar dalam mata uang Dollar AS.

Tak hanya Rupiah, pada saat bersamaan, Apple juga membuka pembayaran aplikasi dalam satuan mata uang di 7 negara lainnya, yaitu Ruble (Rusia), Lire (Turki), Rupee (India), New Shekel (ISrael), Riyal (Saudi Arabia), Rand (Afrika Selatan), dan Dirham (Uni Emirat Arab).

Penawaran dan pemberlakuan mata uang Rupiah dalam pembelian aplikasi pada App Store dirasa lebih menguntungkan dan dapat meningkatkan penggunaan aplikasi berbayar pada perangkat  Apple.

Meskipun sudah mempergunakan mata uang Rupiah, proses pembayaran yang digunakan masih menggunakan cara lama. Yakni dengan kartu kredit yang nantinya akan terjadi proses konversi secaa otomatis sesuai dengan harga yang tertera pada aplikasi berbayar tersebut.

Problem lain juga dirasakan para pengguna, karena meskipun sudah bisa membeli aplikasi dengan mata uang Rupiah namun pengguna produk Apple belum bisa membeli aplikasi iOS dengan sistem potong pulsa atau mekanisme operator billing. Inilah problem yang tidak mudah dipecahkan untuk para pengguna Apple yang tidak mempunyai kartu kredit. (AD)

Comment di sini