CiriCara: Cara Menciptakan Dapur yang Bebas Racun

by
October 31st, 2012 at 9:18 am

CiriCara.com – Dapur merupakan ruangan yang identik sebagai tempat beraktivitas para ibu rumah tangga. Untuk menyajikan makanan yang enak dan lezat, para ibu menghabiskan waktunya di ruangan ini.

Namun, tahukah Anda bahwa tak selamanya memasak di rumah itu menyehatkan? Bila Anda memiliki dapur yang tidak sehat, makan akan ada banyak racun yang menempel di sekitar dapur ataupun peralatan masak.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar masakan yang telah dibuat tidak menjadi racun di dalam tubuh. Dilansir Quickeasyfit.com, inilah cara agar terhindar dari racun di area dapur:

1. Menggunakan alat masak dari bahan stainless steel

Panci atau wajan anti lengket yang ada pada saat ini, rata-rata memiliki kandungan perfluorochemicals (PFC). PFC bisa ikut luruh ketika digunakan saat memasak. Kandungan tersebut secara tidak langsung bisa masuk ke dalam tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan hati dan berbagai organ lain dalam jangka panjang. Agar lebih sehat dan makanan bebas dari racun, alangkah baiknya menggunakan alat masak dari bahan stainless steel atau besi saja.

2. Menggunakan peralatan makan yang terbuat dari kaca

Bila Anda terbiasa menggunakan piring, gelas, dan peralatan makan lainnya yang terbuat dari plastik, maka ganti peralatan makan tersebut yang terbuat dari kaca. Wadah yang terbuat dari plastik belum tentu aman. Pasalnya, banyak ditemukan peralatan makan plastik yang mengandung bisphenol A (BPA). Bila Anda terus menggunakannya, maka bisa menyebabkan diabetes, kanker, dan perubahan hormonal.

Peralatan Masak Stainless Steel

3. Kurangi penggunaan kertas

Produk kertas untuk keperluan dapur biasanya mengandung klorin sebagai bahan pemutih. Penggunaan kertas ini bisa Anda temukan di bungkus teh celup. Jika Anda terus menggunakan ini, maka bisa menyebabkan kanker di kandung kemih, dubur, dan usus besar. Selain itu, ibu hamil yang terkontaminasi dengan klorin bisa mengalami keguguran atau si bayi bisa lahir prematur dan memiliki berat badan rendah. Jika Anda tak bisa lepas dari penggunaan kertas ini, maka pilihlah yang bebas klorin.

4. Jangan memakai penyegar udara

Dapur memang tempat yang cukup bau. Namun, untuk membuat ruangan itu kembali segar, jangan pernah Anda menyemprotkan penyegar udara karena makanan bisa terkontaminasi dengan bahan kimia. Phthalates merupakan salah satu bahan yang ada dalam penyegar udara yang bisa mengganggu hormon reproduksi pri dan menyebabkan kecacatan lahir.

5. Menerapkan dapur yang ramah lingkungan

Anda bisa membuat dapur menjadi dapur yang ramah lingkungan. Misalnya, mengganti lantai dengan ubin yang bebas racun, cat dinding yang tak mudah menguapkan senyawa organik, menggunakan peralatan dapur yang sehat, dan lain sebagainya.

Itulah 5 cara yang bisa Anda terapkan di rumah agar membuat dapur lebih sehat dan makanan pun menjadi lebih sehat juga bila dikonsumsi. (NR)

Comment di sini