CiriCara: Cara Mengantisipasi Terjadinya Badai Tropis

by
October 31st, 2012 at 5:07 pm

CiriCara.com – Dalam meteorologi badai tropis merupakan pusaran angin tertutup pada suatu wilayah bertekanan udara rendah. Kekuatan angin yang terjadi pada badai tropis mencapai kecepatan lebih dari 128 km/jam dengan jangkauan lebih dari 200 km dan berlangsung selama beberapa hari hingga lebih dari satu minggu.

Pergerakan siklon tropis ini dapat mengarah ke daratan sehingga menimbulkan bencana serius dengan kerugian material dan korban manusia dalam jumlah yang banyak. Dengan mengetahui pergerakan badai tropis dan memahami dampak yang bisa ditimbulkannya, Anda bisa melakukan upaya antisipasi untuk mencegah kerugian yang lebih besar.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan sebelum terjadinya badai tropis:

1. Membuat rencana pengungsian

Mengetahui risiko dan cara mengungsi yang cepat dan tepat merupakan kunci dari tindakan persiapan dan pencegahan bila terjadinya badai tropis.

2. Melakukan latihan dengan menelusuri jalur-jalur evakuasi

Tak ada salahnya untuk melakukan latihan dengan menelusuri jalur-jalur evakuasi. Tujuannya adalah agar mempercepat dan mempermudah proses pengungsian bila diperlukan nanti.

3. Menguatkan atap rumah

Langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan yaitu menguatkan atap rumah. Kuatkanlah atap rumah Anda dengan mengikat atap dengan baik. Bila atap diikat dengan kuat, maka tidak akan terbawa oleh angin nantinya.

4. Mengembangkan rencana tindakan

Walaupun badai tropis belum tentu datang, namun tak ada salahnya untuk melakukan antisipasi. Buatlah rencana-rencana yang bisa Anda lakukan bila terjadi badai. Setelah itu, kembangkanlah rencana tersebut agar tidak panik lagi saat terjadinya badai.

5. Menyiapkan kebutuhan yang diperlukan

Pada saat peringatan ada badai, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti lilin atau lampu senter dengan persediaan baterainya, dan makanan paling sedikit untuk tiga hari.

6. Pencegahan di rumah

Pastikan juga untuk selalu menutup jendela dan pintu kaca saat terjadi badai tropis. Berdasarkan penelitian tentang angin disimpulkan bahwa bangunan akan lebih bisa bertahan apabila tidak ada angin yang masuk.

7. Persediaan penerangan dan makanan

Saat bencana badai dan angin topan, jaringan listrik sering terganggu atau rusak. Padamnya lampu ini tidak memungkinkan untuk melakukan perbaikan dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu menyediakan alat penerangan dan persediaan makanan.

8. Mendengarkan radio untuk informasi darurat

BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) adalah instansi pemerintah yang bertanggung jawab untuk penelitian dan peringatan akan ancaman. Biasanya, instansi ini menyiarkan peringatan kepada masyarakat melalui radio, baik dengan radio komunikasi atau dengan radio komunitas.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya badai tropis. Dengan melakukan pencegahan tersebut, setidaknya Anda mengurangi kerugian yang dialami. (NR)

Comment di sini