CiriCara: Cara Sukses Mengikuti Tes Psikotes

by
October 31st, 2012 at 11:42 am

CiriCara.com – Sebelum Anda bisa bekerja di perusahaan yang diinginkan, tentunya ada beberapa tes yang harus diikuti. Salah satu tes tersebut yaitu tes psikotes. Psikotes atau psychological assessment adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran Anda mulai dari pengetahuan kognitif, kondisi emosional, kecenderungan sikap, dan lain sebagainya.

Dengan adanya tes psikotes ini, perusahaan jadi bisa melihat karakter dan kemampuan atau potensi yang ada dalam diri Anda. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa sebagian besar hasil psikotes terbukti akurat dalam merekomendasikan kandidat calon karyawan dengan posisi yang ditawarkan. Namun, tes psikotes ini juga terkadang membuat tegang bagi para calon karyawan tersebut.

Rasa tegang sebenarnya malah akan membuat Anda menjadi tidak konsentrasi untuk mengikuti tes tersebut. Untuk itu, Anda harus selalu merasa rileks hingga tes psikotest itu berakhir. Agar Anda bisa sukses untuk mengikuti tes psikotes, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Harus yakin

Anda harus yakin bahwa posisi yang dilamar benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Keyakinan tersebut akan membantu Anda menghadapi rintangan dan tantangan dalam tes psikotes tersebut.

2. Istirahat yang cukup

Kondisi tidak prima bisa berpengaruh pasa hasil tes. Untuk itu Anda harus mempersiapkan diri dengan beristirahat yang cukup atau meluangkan waktu untuk beristirahat 1-2 hari sebelum melakukan tes psikotes tersebut.

3. Membaca kembali surat lamaran dan CV

Anda juga perlu membaca kembali surat lamaran dan CV. Pelajarilah posisi yang akan Anda lamar karena bisa jadi ada beberapa pertanyaan yang terkait. Jangan sampai jawaban Anda berbeda dengan surat lamaran dan CV.

4. Berlatih dengan soal-soal psikotest

Agar Anda bisa mengerjakan tes di psikotes dengan maksimal, alangkah baiknya untuk sering-sering berlatih mengerjakan soal-soal psikotes.

5. Makan dan minum terlebih dahulu

Agar kondisi tubuh dan pikiran tetap prima, Anda disarankan untuk makan dan minum terlebih dahulu sebelum berangkat ke perusahaan tersebut. Kelaparan saat psikotes bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengerjakan soal-soal tersebut.

6. Jangan terlambat

Anda harus datang lebih awal, setidaknya 15 menit sebelum tes dilakukan sehingga tak terburu-buru atau panik. Setelah sampai di tempat tujuan, Anda bisa menenagkan diri dengan mendengarkan musik atau berbincang dengan peserta lain.

7. Membawa peralatan tulis

Meskipun tak diminta, namun Anda harus tetap membawa peralatan tulis lengkap, seperti pulpen, pensil, dan penghapus.

8. Mengisi data dengan lengkap

Pada saat tes dimulai, biasanya Anda akan diminta untuk mengisi nama, tanggal lahir, tanggal tes, dan data lainnya di lembar jawaban tes. Pastikan Anda sudah mengisi data tersebut dengan lengkap dan jangan menundanya untuk menghindari risiko kelupaan.

9. Perhatikan arahan dan petunjuk yang diberikan

Anda harus memperhatikan setiap arahan yang diberikan oleh pengawas tes dan ikuti semua petunjuknya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan petunjuk yang ada di setiap soal. Hindari untuk menjawab soal tanpa membaca petunjuknya terlebih dahulu.

10. Jangan enggan bertanya

Jika ada hal yang tidak Anda mengerti, maka jangan enggan untuk bertanya langsung pada pengawas. Jangan pernah bertanya kepada peserta lain karena penilaian mengenai diri Anda menjadi tidak bagus.

11. Usahakan menjawab semua pertanyaan

Jika Anda merasa kesulitan untuk menjawab, maka segeralah beralih ke pertanyaan lain. Saat waktu masih tersisa, Anda bisa kembali menjawab pertanyaan yang dilewatkan tadi.

12. Percaya pada kemampuan sendiri

Anda harus menjawab pertanyaan dengan jujur dan apa adanya. Hindari melihat jawaban orang lain karena akan membuat hasil tes Anda bertentangan dengan kepribadian yang sebenarnya.

Itulah cara agar Anda bisa mengikuti tes psikotes dengan lancar. Ketika dinyatakan tidak lulus dalam sebuah psikotes, bukan berarti nilai psikologis Anda kurang. Namun, hal tersebut bisa disebabkan karena tubuh kurang sehat, tertekan, capek atau sedang tidak mood. (NR)