Foto Lucu: Kostum Halloween dari Masa Lampau

by
October 31st, 2012 at 2:30 pm

CiriCara.com - Meskipun tidak dirayakan secara nasional di Indonesia, Halloween cukup terdengar gaungnya terutama di kalangan anak muda yang terbuka pada ide-ide Barat.

Apa sebenarnya arti Halloween itu sendiri? Perayaan Halloween kental dengan tradisi pagan Keltik pada abad ke-16 meskipun tampak ada sedikit pengaruh Kristen di dalamnya. Halloween dirayakan dalam rangka menandai akhir musim panen dan awal musim dingin. Dulu, ketika tiba perayaan Halloween, orang-orang bersiap menghadapi musim dingin yang ganas dengan menimbun bahan makanan serta mengamankan hewan ternak.

Kini, Halloween identik dengan labu dan pesta kostum yang menyeramkan. Pesta kostum untuk menyambut Halloween diketahui dilakukan pertama kali pada abad ke-19 di Irlandia dan Skotlandia. Tradisi ini lalu menyebar hingga ke Amerika Serikat sebagai tempat migrasi yang dianggap sebagai “tempat menjanjikan” bagi para penduduk Eropa yang mengharapkan hidup baru.

Bila sekarang pesta kostum Halloween sering menampilkan desain modern, atraktif, dan bahkan seksi, dulu masyarakat malah berusaha sebisa mungkin tampil menyeramkan dengan kostum dan aksesori aneh. Ingin tahu bagaimana kostum-kostum aneh Halloween pada masa lampau?

Lukisan perut

Jamur dan kurcaci

Kepala tikus

Manusia ayam

Manusia telepon

Mata satu

Walau bukan asli produk budaya dalam negeri, tidak ada salahnya kita mengetahui soal tradisi Halloween ini tanpa harus ikut-ikutan latah merayakan.

Toh, di Barat pun tradisi ini juga masih kerap dipermasalahkan. Bahkan di tahun 2012 ini tokoh agama Katolik di Polandia melarang keras perayaan ini karena diidentikkan dengan tradisi mistis dan gaib yang bertentangan dengan ajaran gereja.

(hp)

Comment di sini