iPad 4 vs Nexus 10, Siapa Yang Lebih Tangguh?

by
October 31st, 2012 at 9:37 am

CiriCara.com - Google resmi meluncurkan tablet terbarunya yang sudah digadang-gadang sejak lama. Kerjasama antara Google dan Samsung ini menghadirkan sebuah produk baru yang sangat canggih di kelasnya saat ini.

Peluncuran Tablet Nexus 10 menambah aroma persaingan yang ketat di antara produsen-produsen tablet dan gadget lainnya. Terbukti dengan jangka waktu singkat setelah peluncuran iPad 4 oleh pihak Apple, Google pun menyusulnya dengan Tablet Nexus 10.  Lantas bagaimanakah aroma persaingan ini bila ditelisik dari segi produk yang dijualnya? Spesifikasi apa saja yang diusung kedua perangkat terbaru ini dan apa saja plus dan minus di antara keduanya.

Tidak perlu berlama-lama lagi, pada kesematan ini Ciricara.com akan mengulasnya untuk Anda, berikut ulasannya:

Prosesor

Google-Samsung mempersenjatai perangkat Nexus 10 dengan prosesor paling canggih buatan Samsung yaitu Exynos 5250 dual-core bermemori  RAM 2 GB dan  kecepatan 1,7 GHz, juga dilengkapi dengan grafis quadcore dari Mali T604. Prosesor canggih yang satu ini memiliki kelebihan dan kualitas dengan penggunaan arsitektur khusus tablet yaitu ARM dengan seri ARM-A15 Eagle.

Sementara di pihak lain, yakni Pihak Apple mempersenjatai New iPad dengan prosesor generasi terbaru pula yaitu Prosesor Apple A6x. Versi prosesor dengan dual core ini diklaim memiliki kecepatan yang tinggi di kelasnya, yakni 1,2 Ghz. Tidak hanya itu saja, prosesor generasi terbaru Apple ini juga dilengkapi grafis PowerVR SGX543MP4 quadcore.

Sistem Operasi

Setelah pembahasan mengenai prosesor yang diusung kedua perangkat terbaru ini, kita beralih pada dukungan sistem operasi yang diusung keduanya. Untuk Google-Samsung Nexus 10 sendiri dilengkapi dengan Sistem Operasi Android terbaru yakni Android Jelly Bean dengan seri paling anyarnya Android 4.2 JellyBean. Rumornya Sistem Operasi Androdi Jelly Bean 4.2 ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru yang tidak ada pada versi sebelumnya, seperti fitur user login,wireless display, photo share dan keyboard gesture.

Sementara untuk iPad 4 besutan Apple dilengkapi dengan Sistem Operasi terbaru di kelasnya yaitu Sistem Operasi iOS versi 6 yang juga memiliki kemampuan yang sudah diupgrade dari versi iOS 5 yang sudah ada sebelumnya.

Layar

Dukungan layar juga tidak boleh dilewatkan begitu saja, Google membekali Google-Samsung Nexus 10 dengan layar 10 inci dengan resolusi tertinggi saat ini, yakni 2560 x 1600 piksel dengan kerapatan layar 300 ppi (piksel per inci) serta menggunakan teknologi baru dari Samsung, yakni PLS (Plane-to-Line Switching) yang merupakan generasi penerus Teknologi IPS (In-Plane Switch).

Sedangkan produk iPad 4 hanya didukung layar berukuran 9,7 inci dengan kecanggihan Retina Display dengan resolusi 2048 x 1536 piksel IPS (In-Plane Switch) dengan kerapatan layar 264 ppi.

Harga

Setelah Anda sudah mengetahui hal-hal penting mengenai kedua produk terbaru tersebut, sekarang beralih kepada hal yang paling krusial yaitu mengenai harga yang diberikan setiap vendor yang memproduksinya. Google Nexus 10 dijual relatif lebih ramah dompet ketimbang iPad 4. Harga yang diberikan berkisar antara USD $399 dan USD $499.

Sedangkan vendor Apple mematok harga sedikit lebih mahal ketimbang Google Nexus 10 yakni sekitar USD $499 untuk 16GB. Untuk versi 32GB, harganya adalah USD $599. Sedangkan versi 64GB dijual dengan harga dan USD $699.

Jika spesifikasi dan harga sudah dikantongi, maka tinggal Anda lah yang dapat memilih sesuai dengan kebutuhan yang akan Anda lakukan. Apakah Anda lebih kepincut dengan kesan elegan, teknologi terbaru, dan kesan eksklusif plus dukungan 4G pada produk iPad 4? Atau bergaya dengan tablet canggih berteknologi mumpuni dengan Nexus 10? (AD)

Comment di sini