Roti Panggang Bisa Meningkatkan Risiko Alzheimer?

by
October 31st, 2012 at 10:32 am

CiriCara.com – Roti merupakan salah satu makanan yang sering disantap untuk sarapan oleh sebagian besar orang. Biasanya, roti panggang akan semakin nikmat bila didampingi dengan susu hangat, teh manis, ataupun kopi.

Namun, tahukah Anda bahwa roti yang biasa disantap pada pagi hari ini ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan di masa tua nanti? Dilansir Dailymail.co.uk, sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan karbohidrat yang ada di dalam roti panggang dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer atau kondisi kepikunan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Mayo Clinic, Amerika Serikat juga membuktikan bahwa orangtua yang semasa mudanya sering sarapan tinggi karbohidrat memiliki empat kali risiko mengalami gangguan kognitif ringan. Gangguan kognitif ringan ini biasanya didahului dengan munculnya penyakit Alzheimer. Namun, tidak semua orang dengan gangguan kognitif ringan (MCI) berisiko terkena penyakit Alzheimer.

Alzheimer adalah kerusakan otak akibat adanya beberapa sel saraf otak yang mati di sejumlah bagian penting, sehingga mengakibatkan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir, dan perubahan perilaku. Biasanya penyakit ini menyerang lansia yang berusia 65 tahun ke atas.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic tersebut dilakukan dengan melibatkan 1.230 orang yang berusia 70-89 dengan mencatat informasi mengenai apa yang mereka makan setiap hari dalam satu tahun. Hasilnya, 940 orang tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan kognitif.

Dilansir dari sumber yang sama, Roberts, seorang profesor di departemen epidemiologi di Mayo Clinic mengatakan bahwa asupan tinggi karbohidrat bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena karbohidrat bisa meningkatkan glukosa dan metabolisme insulin. Gula merupakan bahan bakar otak, akan tetapi kadar gula yang tinggi juga bisa mencegah otak bekerja dengan benar.

Roberts juga mengatakan bahwa glukosa yang tinggi bisa mempengaruhi pembuluh darah otak dan berperan dalam perkembangan plak amiloid beta, protein beracun untuk kesehatan otak yang ditemukan dalam otak penderita Alzheimer.

Dilansir Yahoo.com, roti panggang juga bisa membuat Anda lebih cepat tua. Josephine Forbes dari Barker IDI Heart dan Diabetes Institute mengatakan bahwa kandungan yang terdapat di dalam croissant bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan mempercepat proses penuaan. (NR)

Comment di sini