Syarat Spesifikasi Untuk Bermigrasi Ke Windows 8

by
October 31st, 2012 at 8:42 am

CiriCara.com - Kabar terdengarnya peluncuran Sistem Operasi terbaru buatan Microsoft sudah terdengar seantero dunia, tidak terkecuali dengan negara kita sendiri Indonesia. Secara global Sistem Operasi Windows 8 ini sudah diluncurkan pada hari Kamis (25/10/2012) bertempat di Singapura sebagai perwakilan regional Asia Pasifik.

Anda sebagai pecinta dan pengguna produk-produk dari Microsoft mungkin sudah tidak sabar untuk mencicipi kehadiran fitur-fitur canggih yang ada pada Windows 8 ini. Rasa ketidaksabaran tersebut wajar Anda rasakan sebagai pengguna setia Sistem Operasi Windows, karena memang Sistem Operasi terbaru ini mempunyai fitur-fitur baru yang lebih modern dibandingkan Sistem Operasi Windows 7. Akan tetapi sebelum Anda bergegas untuk mengunduh dan menginstal Windows 8 tersebut, tidak ada salahnya Anda melakukan pengecekan terhadap spesifikasi yang mendukung Windows 8 ini.

Pengecekan spesifikasi ini dianggap penting guna menunjang keberhasilan dan kelancaran dalam penginstalan dan penggunaan. Adakalanya Anda sebagai pengguna mencari informasi dan petunjuk mengenai spesifikasi minimal dari pemakaian Sistem Operasi Windows 8 ini. Untuk komputer atau laptop keluaran terbaru mungkin masih bisa mengikuti spesifikasi yang sudah ditetapkan, akan tetapi untuk komputer dan laptop yang lama ada baiknya untuk melakukan proses pengecekan terlebih dahulu.

Pada kesempatan ini, CiriCara.com akan membahas tentang spesifikasi dan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh Windows 8 . Berikut ulasannya :

Sistem Operasi Windows 8 memerlukan kerja prosesor dengan kecepatan 1Ghz atau di atasnya. Jika saja komputer atau laptop yang dimiliki mempunyai kecepatan kerja prosesor di bawah ketentuan di atas, adakalanya Anda mengurungkan niat untuk mencoba Sistem Operasi Windows 8 ini. Karena kecepatan prosesor dengan 1 Ghz tersebut syarat minimal untuk penggunaan sistem operasi tersebut.

Sistem Operasi Windows 8 dengan Versi 32-bit disarankan untuk menggunakan RAM minimal sebesar 1GB. Sedangkan untuk versi di atasnya yaitu Versi 64-bit, pengguna bisa menggunakan RAM 2GB.

Kedua syarat di atas mungkin masih memadai untuk sumber daya komputer dan laptop lama yang sudah Anda pakai setiap harinya, akan tetapi jika Anda ingin mempergunakan sistem operasi Windows 8 ini lebih bertenaga Anda bisa menggunakan RAM di atas 2 GB.

Secara teori, perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit terletak kepada kemampuan pemanfaatan RAM yang bisa dipergunakan. Untuk Versi 32-bit kemungkinan hanya mendukung RAM hingga 3,5 GB. Sedangkan untuk Versi 64-bit bisa lebih besar dari 4 GB. Andaikata Anda menginginkan kerja Sistem Operasi Windows 8 ini lebih optimal, pergunakanlah Versi 64-bit dengan RAM di atas 2 GB.

Tidak hanya masalah RAM saja yang harus disediakan, akan tetapi ruang hard disk juga perlu disediakan. Setidaknya dibutuhkan 16GB media penyimpanan untuk menjalankan Windows 8 Versi 32-bit. Untuk Versi 64-bit pengguna harus mengosongkan media penyimpanan hingga 20GB. Jumlah ini tentu tidak menjadi masalah untuk komputer atau laptop lama, yang biasanya ukuran kapasitas maksimal hard disk-nya sudah di atas 80 GB.

Selain spesifikasi prosesor dan ruang hard disk yang perlu disiapkan, Anda juga harus mempersiapkan kartu grafis dengan fitur DirectX9 atau lebih tinggi di atasnya. Untuk menjalankan Windows 8 dengan baik diperlukan monitor atau layar yang minimal mampu menghasilkan resolusi 1366 x 768 piksel.

Permasalahan kembali muncul ketika banyak komputer dan laptop dengan spesifikasi resolusi 1024 x 768 piksel. Kebanyakan komputer dan laptop lama mempunyai ukuran resolusi sebesar itu. Jika saja itu terjadi kepada Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan lagi untuk mempergunakan Sistem Operasi terbaru ini. Karena syarat minimal dari penggunaan Windows 8 ini adalah mempuyai resolusi sebesar 1366 x 768 piksel untuk berjalan dengan normal dalam pemakaiannya.

Itulah beberapa syarat dan spesifikasi yang dibutuhkan dalam penggunaan Sistem Operasi Windows 8 ini. Mudah-mudahan ulasan artikel ini dapat sedikit membantu Anda untuk dengan mudah bermigrasi ke Windows 8. (AD)

Comment di sini