Adu Kuat Windows Phone 8: HTC 8X vs Nokia Lumia 920 vs Samsung Ativ S

by
November 1st, 2012 at 11:21 am

CiriCara.com - HTC Windows Phone 8X, Nokia Lumia 920, Samsung Ativ S adalah jajaran ponsel pintar pertama yang sudah mempersenjati perangkatnya dengan Sistem Operasi Windows Phone 8. Tidak mau ketinggalan dalam persaingan ketat yang ada di pasaran ponsel pintar saat ini, tiga pabrikan penghasil tiga ponsel pintar tersebut beradu kuat menampilkan ponsel yang paling berkualitas dengan dukungan utama Sistem Operasi Windows Phone 8.

Pertempuran pertama dimulai dengan munculnya sebuah ponsel pintar buatan HTC dengan seri Windows Phone 8x. Meskipun seri tersebut bukan satu-satunya ponsel pintar HTC yang menggunakan Sistem Operasi Windows Phone 8, ponsel pintar seri ini dinilai cocok untu diadu dengan ponsel pintar laiinya.

Sementara di lain sisi, Samsung dengan keperkasaanya sebagai jawara produsen top ponsel pintar dunia tidak mau juga kehilangan momentum yang ada saat ini. Terbukti pihak Samsung juga menelurkan sebuah produk menggunakan Sistem Operasi Windows Phone 8. Nama seri yang digunakan oleh pihak Samsung adalah “Ativ S”.

Lantas bagaimana dengan si empunya Sistem Operasi Windows Phone 8, dengan kepercayaan yang tinggi pula pihak Microsoft juga merilis produk terbarunya dengan nama Lumia 920 Windows Phone 8 Series. Meskipun sedikit terlambat dalam hal peluncuran yang dilakukan, bukan berarti pula pihak Microsoft kalah sebelum perang. Fitur dan performa yang dusung juga sudah berbeda dengan ponsel pintar lainnya, bisa jadi ponsel pintar buatan Microsoft ini menjadi jawara pertarungan di antara ketiga ponsel pintar dengan OS Windows Phone 8 tersebut.

Tidak perlu berlama-lama lagi, CiriCara.com sudah menyiapkan ulasan untuk setiap ponsel pintar yang akan diadu :

1. Prosesor

Dari segi dukungan prosesor yang diusung, ketiganya memiliki persamaan yang hampir sama. Dimana dari ketiga produk ponsel pintar ini memilik prosesor dengan tipe Qualcomm Snapdragon S4 MSM 8960 dengan kecepatan kerja prosesor sebesar 1.5 Ghz Dual-Core. Melihat kesamaan yang ada pada sisi prosesor ini, mungkin penilaiannya masih rata di antara ketiganya.

2. RAM

Beralih ke sisi dukungan ruang penyimpanan RAM, masih terlihat sama juga di mana ketiga produk ini diberikan ruang penyimpanan RAM sebesar 1 GB saja. Plus media penyimpanan tambahan sebesar 16-32 Gb. Perbedaan mulai muncul ketika kita membicarakan ukuran layar, kerapatan layar, teknologi layar, dan dukungan kamera.

3. Layar

Untuk ukuran layar dari setiap ponsel pintar yang diadu ini memilik perbedaan yang tipis, yaitu berkisar berbeda hanya 2 inci saja. HTC mendukung ukuran dengan ukuran 4,3 inci, Samsung mendukung denga ukuran 4.8 inci dan Nokia dengan ukuran 4.5 inci. Sementara dari segi kerapatan layar dari setiap produk yang ada masih lebih unggul Samsung Ativ dengan kerapatan 306 ppi, untuk yang lainnya masih dibawah itu.

Kekalahan telak juga terasa pada dukungan resolusi layar yang diusung oleh ketiga produk ini, Samsung masih menjadi yang terdepan dengan dukungan layar Super Amoled HD. Sementara di kubu lainnya, Nokia didukung layar PureMotion HD + IPS LCD. Keduanya maish bisa diadu untuk teknologi yang diusungya. Di lain pihak HTC datang dengan teknologi layar Super LCD2.

4. Kamera

Beralih kepada dukungan kamera yang diusung, pemerataan terjadi pada sisi ini. HTC dan Samsung hadir dengan kamera belakang 8MP. Sedangkan Nokia Lumia hadir dengan kamera belakang 8.7 MP. Nokia masih lebih unggul dari kedua produk lainnya. Sementara untuk kamera depan, HTC lebih unggul dengan kamera depan 2.1 MP, sedangkan kedua produk lainnya hanya mendukung kamera depan 1.9 MP saja.

Itulah sedikit pertarungan adu spesifikasi yang diusung oleh setiap produk ponsel pintar yang sudah memakai OS Windows Phone 8. Secara keseluruhan hampir sama di antara ketiganya, plus dan minus juga tidak terlalu mencolok. Jadi kesimpulannya ketiganya bersaing imbang dalam pertarungan ini. Sisi prosesor, sistem operasi serta dukungan RAM dan memori tambahannya semuanya sama dan merata.

Dukungan spesifikasi lainnya juga tidak dapat dimenangkan oleh satu atau dua produk saja. HTC, Samsung Ativ dan Nokia Lumia berbagi tempat untuk teknologi yang diusung masing-masing produk ini. Kalau saja Anda sudah tahu mengenai spesifikasi yang sudah ada di atas, mungkin Anda patut berpikir lagi akan membeli produk ponsel pintar yang mana. Karena ketiganya memiliki spesifikasi yang merata. (AD)

Comment di sini