CiriCara: Cara Mengatasi Gejala Demam Tanpa Obat

by
November 1st, 2012 at 9:19 am

CiriCara.com - Demam merupakan gejala umum yang terjadi akibat tubuh terpapar oleh infeksi dari luar, seperti infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, dan parasit). Seseorang mengalami demam jika suhu tubuhnnya mulai meningkat di atas 38 derajat celcius.

Ketika serangan infeksi mulai terjadi, tubuh akan merespon dengan mengaktifkan sel-sel darah putih (leukosit) untuk mensekresikan pirogen endogen, yaitu senyawa yang bereaksi ketika adanya suatu benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan suhu tubuh mengalami peningkatan.

Tanpa obat, tubuh sebenarnya punya mekanisme tersendiri dalam mengatasi demam. Namun, perilaku seseorang saat demam dapat mempengaruhi kinerja tubuh tersebut. Berikut adalah cara-cara efektif yang dapat dilakukan ketika terjadi demam tanpa harus meminum obat:

Istirahat yang cukup

Saat demam terjadi tubuh sebenarnya sedang berjuang melawan infeksi yang terjadi. Untuk itu agar kerja tubuh tersebut lebih optimal jangan melakukan aktivitas berlebih, disarankan untuk istirahat atau tidur. hal ini juga dilakukan agar tubuh memiliki daya tahan yang baik guna melawan infeksi.

1. Minum lebih banyak

Demam dapat mengakibatkan tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak sehingga dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Untuk menjaga agar tidak terjadi kekurangan cairan (dehidrasi), usahakan untuk minum air lebih banyak atau dapat juga memakan buah-buahan yang mengandung banyak air.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat sangat dianjurkan untuk mereka yang mengalami demam. Mandi air hangat akan membuat tubuh bersih dari kotoran yang dapat saja mengandung kuman-kuman penyebab infeksi. Selain itu mandi air hangat membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks, sehingga ketika tidurpun menjadi lebih tenang. Tetapi harus diingat bahwa jangan sekali-kali melakukannya dengan air dingin, karena dapat menyebabkan kontradiktif pada tubuh.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Pakaian yang tipis dan tidak terlalu tebal dapat memperlancar sirkulasi suhu tubuh, sehingga suhu tubuh dapat menjadi cepat turun. Kalau bisa gunakan bahan yang dapat menyerap keringat agar tetap nyaman, khususnya saat tidur. Saat demam sangat tidak dianjurkan memakai pakaian yang tebal dan tertutup rapat karena hal ini malah dapat meningkatkan suhu tubuh.

4. Atur suhu ruangan

Lingkungan sekitar, seperti kamar tidur termasuk faktor penunjang dalam mempengaruhi kinerja tubuh untuk menurunkan demam. Lingkungan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik dapat mempercepat proses kesembuhan tubuh. Jika ruangan dirasa terlalu panas, sebaiknya nyalakan AC atau kipas angin. Namun, tetap menjaga agar suhu dalam keadaan sejuk, dan jangan terlalu dingin.

5. Kompres dengan air hangat

Jika suhu tubuh dirasa belum turun sepanjang tidur, maka dapat melakukan kompres dengan air hangat. Kompres dengan air hangat akan membuat pembuluh darah tepi di sepanjang kulit menjadi melebar. Hal ini dapat mempercepat pengeluaran panas dari dalam tubuh. Namun, yang harus diperhatikan adalah jangan sekali-kali mengompres dengan menggunakan air dingin. Air dingin malah dapat menyebabkan pembuluh darah tepi menjadi mengecil sehingga panas malah akan sulit dikeluarkan oleh tubuh.

Itulah beberapa cara yang efektif yang dapat dilakukan untuk mengatasi demam pada tubuh tanpa obat-obatan. (RF)

Comment di sini