CiriCara: Cara Mengusir Stres Tanpa Biaya

by
November 1st, 2012 at 11:19 am

CiriCara.comStres sering dialami oleh beberapa orang, khususnya yang tinggal di kota-kota besar. Seseorang bisa mengalami stres karena pekerjaan yang menumpuk, kemacetan di jalan, masalah percintaan, keuangan, dan lain sebagainya.

Kondisi seperti itu bila dibiarkan tentunya akan menimbulkan berbagai penyakit. Bila Anda sedang megalami stres, maka segeralah diatasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir stres tersebut. Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Membaca buku atau novel

Saat sedang mengalami stres, Anda bisa mengusirnya dengan cara membaca buku atau novel favorit. Dengan membaca buku atau novel kesukaan Anda seolah bisa masuk ke dunia baru. Jika ingin membaca buku dengan tujuan mengusir stres, maka bacalah di tempat yang nyaman dan tenang. Dengan begitu, Anda bisa memfokuskan diri untuk bisa terhanyut dalam kisah tersebut dan melupakan permasalahan yang sedang terjadi.

2. Melihat-lihat foto

Jika Anda masih menyimpan kenang-kenangan atau foto-foto bersama teman lama, maka bisa dilihat kembali untuk membuat pikiran kembali tenang. Melihat-lihat kembali album foto dari peristiwa yang menyenangkan merupakan salah satu pelepas stres yang murah dan efektif.

3. Bersantai di taman

Keramaian kota Jakarta terkadang  bisa membuat diri Anda stres. Untuk bisa melupakan hal tersebut, Anda bisa meluangkan waktu untuk bersantai di taman. Luangkanlah waktu sekitar 5-15 menit untuk duduk dan menikmati udara segar dan hijaunya taman. Selain itu, Anda juga bisa sambil meminum secangkir teh atau kopi.

4. Berolahraga ringan

Dengan melakukan olahraga ringan bisa memicu hormon-hormon anti stres. Untuk itu, Anda disarankan agar bisa meluangkan waktu beberapa menit setiap pagi atau setelah makan siang untuk berolahraga. Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan seperti, berjalan santai, merenggangkan otot-otot yang kaku, dan lain sebagainya.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik saat sedang mengalami stres memang sering dilakukan bagi sebagian orang. Dengan mendengarkan alunan musik atau lagu kesukaan, tentunya akan membuat diri Anda merasa rileks dan pikiran kembali tenang.

6. Tertawa

Dengan tertawa Anda bisa melupakan sejenak permasalahan yang sedang terjadi. Bukan hanya membuat Anda awet muda, namun tertawa juga bisa membuat pikiran kembali tenang.  Pada saat stres, cobalah bergabung dengan teman atau sahabat yang humoris agar bisa bercanda-tawa dengannya.

Itulah cara mengusir stres tanpa biaya yang bisa Anda terapkan. Sering mengalami stres tidak baik untuk kesehatan karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti sakit kepala, kram menstruasi, gusi berdarah, dan lain sebagainya. (NR)

Comment di sini