CiriCara: Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

by
November 1st, 2012 at 2:18 pm

CiriCara.comPerawatan kuku terkadang disepelekan bagi sebagian orang. Padahal, jika kuku benar-benar Anda rawat dengan baik, maka kuku akan terlihat indah dan mendukung penampilan. Kebiasaan buruk yang biasa orang lakukan, seperti menggigit kuku bisa membuat tampilan kuku jadi terlihat jelek. Anda tentunya tidak mau kan memiliki kuku yang seperti itu?

Memiliki kuku yang rapuh, bertekstur kasar, dan memiliki warna yang berbeda antara kuku yang satu dan yang lainnya tentunya akan membuat penampilan Anda menjadi tak percaya diri. Permasalahan kuku seperti itu disebabkan karena Anda tidak merawatnya dengan baik. Padahal, kuku akan terlihat sehat dan indah jika Anda merawatnya. Untuk membuat kuku jadi terlihat lebih sehat dan indah, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Memotong kuku secara rutin

Jangan menunggu sampai kuku menjadi panjang, untuk itu potonglah kuku secara rutin. Pakailah pemotong kuku yang tajam, lalu pengikir untuk menghaluskan sudutnya, Jangan pernah menarik kuku yang separuh terpotong karena akan merusak jaringan baru yang terbentuk dari kuku Anda.

2. Memakaikan pelembap

Kuku sama halnya seperti kulit yaitu harus Anda berikan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku sama seperti ketika Anda mengoleskan lotion pada tangan. Ulangi proses tersebut setiap kali Anda selesai mencuci tangan.

3. Jangan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku akan merusak nail bed atau lapisan kulit yang berada di bagian bawah kuku. Selain kotor dan bisa membuat Anda sakit, kebiasaan tersebut juga akan membuat kuku menjadi pendek dan terlihat jelek. Bakteri atau jamur bisa masuk ke dalam nail bed Anda dan menimbulkan infeksi.

4. Merendam di dalam cairan minyak zaitun

Untuk mencegah kuku rapuh, Anda bisa merendam kuku ke dalam cairan minyak zaitun atau cuka apel yang telah dihangatkan. Rendam selama 5 menit dan hasilnya kuku Anda tidak akan cepat rapuh.

5. Membiarkan kuku bernapas

Cobalah untuk tidak memakai kuteks secara terus menerus hingga tiga sampai empat minggu karena bisa membuat warna kuku jadi terlihat kusam. Biarkan kuku bernapas terlebih dahulu tanpa harus Anda warnai. Setidaknya Anda bisa mewarnai kuku satu bulan satu kali saja.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar membuat kuku jadi terlihat sehat dan indah. Perlu diingat juga bahwa kesehatan kuku juga mencerminkan kebersihan diri Anda. Untuk itu, rawatlah kuku sebaik mungkin untuk menunjang penampilan Anda. (NR)

Comment di sini