CiriCara: Cara Mudah Mencegah Keputihan

by
November 1st, 2012 at 9:14 am

CiriCara.com – Keputihan terkadang menjadi suatu masalah bagi wanita. Keputihan terkadang membuat wanita tidak nyaman karena gatal, berbau, bahkan terkadang perih. Sebenarnya, keputihan disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari Anda yaitu kurang menjaga kebersihan di sekitar organ intim.

Organ intim wanita, seperti vagina sangat sensitif dengan kondisi lingkungan. Letaknya yang tersembunyi dan tertutup membuat vagina memerlukan suasana kering. Kondisi lembap akan mengundang berkembang biaknya jamur dan bakteri pathogen. Itulah salah satu penyebab keputihan pada wanita.

Agar terhindar dari keputihan, Anda perlu menjaga kebersihan daerah sensitif tersebut. Bagaimana cara mudah menjaga kebersihan organ intim tersebut? Untuk mengetahuinya sebaiknya Anda simak cara mudah berikut ini:

1. Mandi teratur

Untuk mencegah keputihan, Anda juga disarankan mandi teratur dengan menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit. Bersihkan dengan intensif daerah pangkal paha dan lanjutkan dengan mencuci area genital dari arah depan ke belakang.

2. Pilih pembersih berbahan susu

Untuk membersihkan daerah sekitar vagina, Anda harus memilih pembersih berbahan susu karena untuk menjaga keseimbangan pH, meningkatkan pertumbuhan flora normal, dan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Jangan menggunakan vaginal douche atau cairan pembersih karena bisa mengubah kesamaan pH.

3. Gunakan celana dalam yang kering

Jika celana dalam basah atau lembap, maka usahakan untuk cepat menggantinya dengan yang kering dan bersih. Tak ada salahnya Anda membawa celana dalam cadangan dalam tas kecil untuk berjaga-jaga. Seusai buang air kecil dan Anda langsung mengenakan celana dalam, alhasil celana dalam akan basah dan membuat vagina terperangkap dalam keadaan lembap.

4. Menggunakan celana dalam berbahan katun

Tujuan menggunakan celana dalam berbahan katun adalah agar menyerap keringat. Jika Anda mengenakan celana dalam berbahan satin ataau sintetik lain bisa membuat keadaan di sekitar organ intim panas dan lembap.

5. Tidak menggunakan celana jeans yang ketat

Menggunakan celana jeans yang ketat bisa merapatkan pori-pori. Lebih baik Anda mengenakan rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bisa bergerak leluasa.

6. Memakai panty liner

Saat Anda akan berpergian keluar rumah dalam waktu beberapa jam, seperti ke kampus, kantor, dan lain sebagainya, alangkah baiknya untuk menggunakan panty liner. Lalu, Anda bisa melepaskannya begitu sampai di rumah.

7. Tidak memakai sesuatu yang bisa mengiritasi vagina

Jangan pernah Anda memakai sesuatu yang bisa mengiritasi vagina, seperti sabun berparfum, parfum, deodoran, bedak yang harum dan lain sebagainya.

8. Ganti pembalut sesering mungkin

Saat sedang menstruasi, Anda disarankan untuk sering mengganti pembalut. Jangan dalam satu hari itu Anda tidak mengganti pembalut sama sekali karena bisa membuatnya lembap. Anda bisa menggantinya setidaknya 2 kali dalam sehari.

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan agar tidak mengalami keputihan. Bagaimanapun juga keputihan bila akan membuat diri Anda tidak merasa nyaman. Jangan hanya merawat kecantikan tubuh dan wajah saja, tapi kesehatan organ intim Anda juga harus diperhatikan dan dijaga kebersihannya. (NR)

Comment di sini