Kelebihan Windows Phone 8 Dibandingkan Windows Phone 7

by
November 1st, 2012 at 11:05 am

CiriCara.com - Microsoft secara resmi  meluncurkan sebuah Sistem Operasi Smartphone terbaru bernama Windows Phone 8. Sistem Operasi Windows Phone 8 ini digadang-gadang akan menjadi kompetitor kuat Sistem Operasi Android dan iOS yang sudah menjadi Sistem Operasi andal di pasaran gadget dan smartphone dunia saat ini.

Tidak hanya itu saja, persiapan pihak pengembang Microsoft juga mempersenjatai Sistem Operasi Windows Phone 8 ini dengan fitur-fitur maksimal guna mengantisipasi sistem operasi berkembang lainnya, seperti yang akan segera meluncur  BlackBerry 10 dan Firefox OS.

Untuk lebih mengenal apa itu Windows Phone 8, CiriCara.com sudah mempersiapkan pembahasan fitur-fitur apa saja yang ada pada Sistem Operasi Windows Phone 8 tersebut. Dan apa saja perbedaan dengan generasi sebelumnya yaitu Windows Phone 7. Simaklah ulasannya di bawah ini :

Penggunaan Kernel terbaru

Windows Phone 8 dipersenjatai dengan sebuah kernel baru bernama Windows NT. Kernel Windows NT ini dinilai lebih bertenaga ketimbang dengan kernel sebelumnya yaitu Versi Kernel Windows CE.  Sistem operasi Windows Phone ini tidak lagi mempergunakan Versi Kernel CE karena sudah dianggap tidak mumpuni dalam mendukung kerja dari hardware.

Alasan kedua yang melatarbelakangi penggantian kernel ini adalah penyelarasan yang dilakukan pihak Microsoft terhadap sistem operasi ini. Kernel NT didesain tidak hanya untuk Sistem operasi Windows Phone saja, akan tetapi juga digunakan untuk Sistem Operasi Windows 8 untuk perangkat-perangkat komputer dan tablet.

Prosesor Multi-core

Fitur baru lain yang ada pada sistem operasi Windows Phone ini adalah peningkatan kinerja prosesor yang diusungnya. Windows phone 8 ini sengaja memberikan keleluasan kepada pengembang produk gadget dan smartphone untuk dapat menerima spesifikasi hardware dengan prosesor Multi-core.

Sistem operasi Windows Phone ini sudah didesain seoptimal mungkin untuk dapat bekerja secara bagus dengan prosesor yang tinggi. Oleh sebab itulah, Sistem operasi Windows Phone ini berani memberikan ruang bagi gadget dan smartphone untuk memakai Sistem operasi Windows Phone 8 ini pada produk-produknya.

Upgrade penambahan slot memori

Keluhan yang dirasakan oleh pengguna Windows Phone dengan versi sebelum Windows Phone 8 adalah pembatasan yang dilakukan terhadap ruang penyimapanan memori yang ada. Kita tahu bahwa Windows Phone 7 tidak menyisipkan slot memori tambahan untuk smartphone yang didukungnya. Sementara dengan kehadiran Windows Phone 8 ini pengguna mulai merasa lega, karena pihak Microsoft sudah mempersenjatai ponsel pintar ini dengan slot memori tambahan sebesar 16 GB hingga 64 GB.

Dukungan Browser versi terbaru

Kalau Google mempuyai browser andal Google Chrome dengan versi terbaru, Microsoft pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan browser lokal dengan versi terbaru pula. Internet Explorer 10 adalah salah satu transformasi dari browser-browser top pada zamannya.  Kita tahu bahwa Internet Explorer adalah salah satu browser top yang dimiliki oleh pihak Microsoft, dan seolah tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya pihak Microsoft juga meningkatkan performa yang ada pada browser Explorer.

Ini dilakukan tidak lain untuk menarik kembali pengguna-pengguna lama yang sudah bermigrasi ke browser-browser top seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Fitur baru yang ada pada Browser Internet Exploler 10 ini adalah fitur keamanan dan filter SmartScreen yang dapat mengamankan data-data internet yang Anda miliki secara online. Keamanan data online yang Anda miliki siap untuk diamankan dari tangan-tangan jail dan virus-virus penyusup malware yang bergentayangan di dunia maya.  (AD)

Comment di sini