Makanan yang Bisa Membuat Pikiran Tetap Fokus

by
November 1st, 2012 at 4:59 pm

CiriCara.com – Sebagian orang mungkin pernah merasakan tidak fokus atau kurang berkonsentrasi saat sedang mengerjakan pekerjaan. Hal tersebut tentunya bisa menghambat proses pekerjaan. Tidak fokus saat sedang mengerjakan sesuatu bisa disebabkan karena kurang tidur atau merasa kelelahan.

Namun, jangan khawatir karena ada makanan yang bisa membuat Anda kembali tetap fokus. Dilansir Kompas.com, inilah 7 makanan yang bisa membuat pikiran Anda tetap fokus:

1. Kafein

Sebagian orang mungkin mengatakan bahwa mengonsumsi kafein tidak baik bagi kesehatan. Hal tersebut memang benar jika dikonsumsinya secara berlebihan. Akan tetapi, jika dikonsumsi dalam porsi yang sedang atau tidak berlebihan, kafein bisa menjaga otak Anda tetap fokus. 

2. Gula

Mengonsumsi satu sendok gula saja sudah cukup untuk membantu pikiran Anda yang mulai lelah untuk tetap fokus. Gula alami yang sehat dapat menjadi pilihan Anda. Gula alami itu bisa Anda dapat pada buah-buahan atau makanan lain, seperti gandum yang diketahui sangat baik bagi otak.

3. Ikan

Ikan merupakan sumber alami asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan dua kali seminggu akan memberikan otak Anda vitamin yang dibutuhkan bagi perkembangan dan fungsi otak. Namun, pilihlah ikan yang memiliki kadar merkuri yang rendah atau tidak mengandung sama sekali. Jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk membuat Anda lebih fokus, seperti ikan salmon, sarden, dan tuna.

4. Popcorn

Camilan dari jagung ini kaya akan vitamin B6, B12, dan E dan diyakini mampu untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap fokus. Agar lebih sehat saat dikonsumsi, hindari penambahan garam atau penguat rasa lainnya.

5. Alpukat

Buah yang sangat enak bila dijus ini memiliki manfaat yang luar biasa. Tidak hanya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, tetapi juga menjaga aliran darah tetap lancar dan meningkatkan fungsi otak. Namun, Anda harus bisa membatasi mengonsumsinya karena alpukat memiliki kalori yang sangat tinggi.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih berenergi dan tetap bisa berkonsentrasi. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga memberikan perlindungan jangka panjang pada otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif Anda.

7. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, peterseli, dan kubis bisa menjaga pikiran tetap fokus. Sayuran hijau tersebut memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga bisa membuat Anda tetap bisa berkonsentrasi saat melakukan pekerjaan apapun.

Itulah makanan yang bisa Anda konsumsi agar membuat pikiran menjadi tetap fokus. (NR)

Comment di sini